Dark/Light Mode

Lestarikan Kain Tradisional, Pupuk Indonesia Luncurkan Buku Wastra & Seni Berkain

Kamis, 2 Maret 2023 13:50 WIB
Peluncuran buku Untaian Pesona: Wastra Nusantara dan Seni Berkain oleh Pupuk Indonesia. (Foto: Dok. Pupuk Indonesia)
Peluncuran buku Untaian Pesona: Wastra Nusantara dan Seni Berkain oleh Pupuk Indonesia. (Foto: Dok. Pupuk Indonesia)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Pupuk Indonesia (Persero) meluncurkan dua buku berjudul “Untaian Pesona: Wastra Nusantara” dan buku “Seni Berkain”, bertepatan dengan kedua buku ini, merupakan inisiasi dari Perkumpulan Istri Karyawan Pupuk Indonesia Group (PIKA-PI Group) dan diluncurkan bertepatan pada puncak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-7 PIKA-PI Group tahun 2023.

Ketua Umum PIKA-PI Group, Ira Bakir Pasaman mengatakan, peluncuran buku ini merupakan upaya edukasi serta bentuk dukungan PIKA-PI Group untuk pelestarian warisan Nusantara (wastra), salah satunya kain tradisional. Sekaligus, mengapresiasi para pengrajin yang tersebar di berbagai daerah Indonesia.

Baca juga : Pupuk Indonesia Luncurkan Buku Wastra Nusantara Dan Seni Berkain

“Kedua buku ini, merupakan sarana edukasi yang baik bagi dunia luar mengenai keindahan wastra Nusantara,” ujarnya, melalui keterangannya, Kamis (2/3).

Bakir menjelaskan, Indonesia merupakan negara kaya akan wastra salah satunya kain, mulai dari batik, tenun, songket, blongket, ulos dan lainnya.

Baca juga : Tingkatkan Literasi Nasional, Kemendikbudristek Gandeng Dharma Wanita Persatuan

Menurutnya buku ini berisi tentang kreasi wastra, seperti kreasi kain siap pakai tanpa dijahit dengan konsep modern, sekaligus menjadi media edukasi di mana memakai kain tidak harus terpaku pada ketentuan-ketentuan masa lalu. Dan dapat disesuaikan dengan keinginan dan kenyamanan pemakainya.

“Kedua buku ini merupakan inisiatif PIKA-PI Group, sebagai bentuk dukungan kami kepada mitra binaan anak perusahaan Pupuk Indonesia Grup, yang berada dalam payung Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pupuk Indonesia," tutur Bakir.

Baca juga : Dukung Sarana Peternakan Di Sumut, Pupuk Indonesia Bangun Sumur Bor

Menurutnya, hal ini bertujuan untuk membantu memberikan peluang atau kesempatan yang lebih luas kepada mitra binaan. Sehingga, bisa lebih maju dan lebih berkembang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.