Dark/Light Mode

Sinergi Antar Stakeholder Tahun Ini Makin Baik

Puncak Arus Balik Kedua Bakauheni-Merak Lancar

Selasa, 2 Mei 2023 07:30 WIB
Kendaraan roda empat pemudik antre untuk menaiki kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Senin (1/5/2023). Data ASDP Bakauheni mencatat jumlah kendaraan yang melalui Pelabuhan Bakauheni menuju pulau Jawa menggunakan kendaraan roda empat sebanyak 177.937 dan roda dua 69.038 serta pemudik pejalan kaki 84.274 orang. (ANTARA FOTO/Ardiansyah/foc).
Kendaraan roda empat pemudik antre untuk menaiki kapal di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Senin (1/5/2023). Data ASDP Bakauheni mencatat jumlah kendaraan yang melalui Pelabuhan Bakauheni menuju pulau Jawa menggunakan kendaraan roda empat sebanyak 177.937 dan roda dua 69.038 serta pemudik pejalan kaki 84.274 orang. (ANTARA FOTO/Ardiansyah/foc).

RM.id  Rakyat Merdeka - Puncak arus balik Lebaran kedua, H+8 khususnya lintas Bakauheni-Merak yang menghubungkan Pulau Sumatera dan Jawa terpantau ramai lancar dan terkendali. Hal ini tak lepas dari sinergi seluruh stakeholder terkait yang lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Tercatat, mulai dari hari kedua Lebaran (HH) hingga H+7 total penumpang yang kembali dari Sumatera ke Jawa sebanyak 803.799 orang dengan jum­lah total kendaraan sebanyak 180.213 unit.

Direktur Komersial dan Pelayanan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) MYusuf Hadi memberi apresiasi kepada seluruh stakeholder yang telah mendukung dan menyukseskan layanan arus mudik maupun balik penyeberangan pada Angkutan Lebaran 2023 yang secara umum berjalan lancar, aman, nyaman dan selamat.

Baca juga : Pergerakan Kendaraan Di Puncak Arus Balik Ke-2 Lancar Dan Terkendali

Hal ini, menurutnya, tak lepas buah hasil sinergi dan koordinasi dengan para stakeholder penye­lenggaraan angkutan Lebaran tahun ini yang sudah jauh lebih baik dan optimal.

Selain Lebaran, ditegaskan­nya, ASDP bersama dengan stakeholder lain berkomitmen untuk memastikan kelancaran untuk angkutan Natal dan Tahun baru mendatang.

“Apresiasi untuk Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan, Kemenko PMK, TNI dan Polri, Pemerintah Provinsi Banten dan Lampung,” ungkap Yusuf.

Baca juga : Menhub Budi Karya: Puncak Arus Balik Lebaran Terkendali Dengan Baik

Selain regulator, ASDP me­nyampaikan apresiasi kepada para operator kapal yang mem­persiapkan kapal dengan baik dan organisasi yang terlibat dalam kepengurusan kendaraan. Serta, pada pengguna jasa pe­nyeberangan yang telah mema­tuhi arahan Presiden Jokowi un­tuk mempersiapkan perjalanan dengan membeli tiket sebelum tiba di pelabuhan.

ASDP juga memberikan apre­siasi kepada rekan-rekan media yang telah memberikan informasi terkini kepada masyarakat secara luas. Sehingga para pemudik da­pat teredukasi dengan baik serta mempersiapkan perjalanannya sebaik mungkin. Dan, membeli tiket secara mandiri melalui aplikasi atau website Ferizy.

“Media berperan besar dalam mendukung sosialisasi Ferizy. Kerja sama ini memperlihatkan hasil yang signifikan dimana jumlah reservasi telah mencapai 97 persen dibandingkan tahun lalu yang hanya di bawah 20 persen,” kata Yusuf.

Baca juga : Lintasarta Perkuat Infrastruktur Jaringan Selama Puncak Mudik & Lebaran 2023

Dengan tingginya pencapaian angka reservasi Ferizy dalam layanan arus mudik dan balik Lebaran tahun ini artinya ASDP sudah bisa menjaga kondisi manajemen daripada arus mudik dan balik.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.