Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

30 Merek Kendaraan Siap Ramaikan GIIAS 2023

Rabu, 24 Mei 2023 18:56 WIB
Press conference GIIAS 2023. (Foto: Ist)
Press conference GIIAS 2023. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) The Series akan kembali digelar tahun ini. Pameran mobil ini akan dimulai dari BSD-CITY, Tangerang pada 10-20 Agustus 2023. Berbagai merek, mobil sampai teknologi terbaru akan dipamerkan.

Ketua Umum GAIKINDO, Yohannes Nangoi mengatakan, tahun ini akan menjadi penyelenggaraan pameran GAIKINDO ke-30, sejak pertama kali diinisiasi pada tahun 1986 lalu. Selama itu juga, GAIKINDO telah menampilkan berbagai pencapaian industri otomotif Indonesia kepada masyarakat Indonesia.

"Ke depannya GAIKINDO akan terus menampilkan masa depan industri otomotif lewat penyelenggaraan GIIAS,” ujar Nangoi, Rabu (24/5).

Menurut Nangoi, industri otomotif Indonesia sudah pulih, dan saat ini mencatat pencapaian yang bahkan lebih baik dari sebelum masa pandemi. Dan, GIIAS selalu menjadi pameran yang mencerminkan pencapaian terbaik dari industri otomotif Indonesia. 

Menjadi benchmark teknologi dan produk otomotif di Indonesia, kali ini GIIAS akan menghadirkan lebih banyak model kendaraan dari merek kendaraan penumpang, komersial, dan juga karoseri. Area pamer yang lebih luas dari penyelenggaraan sebelumnya.

Baca juga : Pendekar Cisadane Siap Tatap Liga 1 Musim 2023/2024

“Tahun ini GIIAS akan hadir secara komprehensif, dalam arti mencakup merek yang lebih banyak dan lebih lengkap, sehingga bisa dipastikan akan lebih banyak model dan teknologi baru yang akan diperkenalkan pada GIIAS, buat industri ini menjadi sinyal yang sangat positif,” ujar Nangoi. 

Dia juga menargetkan, penyelenggaraan GIIAS tahun ini bisa meningkatkan ekspor mobil utuh. Pada tahun 2025, ekspor mobil utuh ditargetkan capai 1 juta unit. 

Menurut dia, tema GIIAS kali adalah Future Now. Tema tersebut adalah representasi masa depan industri otomotif Indonesia dan kesiapan Indonesia memasuki era kendaraan listrik.“Edukasi dan informasi tentang kendaraan listrik masih menjadi fokus industri otomotif Indonesia dan GIIAS tahun ini," ujarnya.

Menurut dia, GAIKINDO terus mendukung percepatan industri Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang diusung pemerintah. Dia yakin edukasi dan informasi konstan dari GIIAS untuk masyarakat mempercepat perkembangan industri kendaraan listrik. 

Saat ini, pemerintah Indonesia sendiri mentargetkan industri dalam negeri dapat memproduksi kendaraan listrik sebanyak 600 ribu unit hingga 2030.

Baca juga : SID, Gigi, Dan Tipe-X Siap Gemparkan Singaraja Fest 2023

Dalam kurun waktu delapan tahun kebelakang, GIIAS menjadi ajang peluncuran bagi lebih dari 250 perkenalan produk kendaraan, yang diantaranya adalah 9 kendaraan world premiere. GIIAS juga telah memperkenalkan teknologi otomotif masa depan lewat kehadiran lebih dari 60 mobil konsep. 

Pameran otomotif internasional ini selalu menghadirkan merek-merek kelas dunia, juga menjadi pilihan merek otomotif baru memperkenalkan diri kepada masyarakat Indonesia. GIIAS 2023 diikuti lebih banyak merek, total lebih dari 30 merek akan mendukung pameran tahun ini. Mulai dari Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan penumpang, yakni; Audi, BMW, Chery, Citroen, Daihatsu, DFSK, Haval, Honda, Hyundai, KIA, Lexus, Mazda, Mercedez-Bens, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Neta, Nissan, Ora, Porsche, Subaru, Suzuki, Tank, Toyota, VW, Wuling.

Dari kendaraan komersil ada tiga merk yang hadir, yaitu Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, Toyota Komersial, dan UD Trucks. Tiga merek Karoseri juga hadir pada GIIAS 2023, yakni Adiputro, Laksana, dan Tentrem. 

Dari sepeda motor ada 14 merk yang hadir, yaitu Astra Honda Motor, Aprilia, Benelli, Exotic, Harley Davidson, Ion Mobility, Keeway, Motoguzzi, Pacific, Piaggio, Polytron, Royal Enfield, Segway, Vespa. Lebih dari 100 merek peserta dari industri pendukung juga telah memastikan siap berpartisipasi dalam penyelenggaraan GIIAS 2023 The Series.

Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara Pameran! GAIKINDO, Rizwan Alamsjah mengatakan, antusiasme peserta sangat luar biasa, GIIAS tahun ini diikuti lebih banyak merek, dengan area lebih besar. Bocoran sedikit, infonya banyak launching mobil baru yang akan dihadirkan pada GIIAS tahun ini. 

Baca juga : BCA Dukung Inklusi Keuangan Digital Di FEKDI 2023

"Ada merek baru yang sudah bergabung, dan masih ada beberapa merek yang dalam proses kepesertaan, melihat perkembangannya kami optimis pameran tahun ini akan menjadi GIIAS dengan jumlah merek terbanyak.” ujarnya.

Astra Financial kembali hadir sebagai platinum sponsor GIIAS 2023 bersama FIFGROUP, Astra Credit Company, Toyota Astra Financial, Asuransi Astra, Astra Life, Astra Pay, dan MauCash, MOXA, dan SEVA. Selain Astra Financial, GIIAS 2023 juga mendapatkan dukungan Powered by Pertamina, Mobbi sebagai Official Trade in Partner serta sponsor lainnya GT Radial, JKIND, Protera, AHM, dan Superchallenge.

GIIAS The Series 2023 akan berlangsung pada: Tangerang 10-20 Agustus 2023 di ICE-BSD City, Surabaya 20-24 September 2023 di Grand City Convex, Semarang 18-22 Oktober 2023 di Marina Convention Center, dan Bandung 22-26 November 2023 di Sudirman Grand Ballroom.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.