Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Airlangga Kebut ICA-CEPA Dan Komitmen Kerja Sama Halal Untuk Produk Kanada

Sabtu, 27 Mei 2023 23:30 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Menteri Perdagangan Internasional Kanada Mary Ng. (Foto: Humas Ekon)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Menteri Perdagangan Internasional Kanada Mary Ng. (Foto: Humas Ekon)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar pertemuan bilateral dengan Menteri Perdagangan Internasional Kanada Mary Ng dalam rangkaian pertemuan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Ministers Responsible for Trade Meeting dan Pertemuan Tingkat Menteri Indo-Pacific Economic Framework for Prosperity (IPEF) di Detroit, Amerika Serikat, Jumat (26/5) pagi.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Mary Ng menyampaikan ucapan selamat atas kesuksesan Indonesia  dalam menyelenggarakan Presidensi G20 2022 dan Keketuaan ASEAN 2023.

Mary Ng berharap, kedua negara dapat segara menyelesaikan perundingan Indonesia – Canada Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA). Dan mempercepat terwujudnya komitmen kerja sama halal untuk produk – produk Kanada.

Baca juga : KAI Dan Pertagas Pasarkan Produk UMKM Di Sarinah

Menanggapi hal tersebut, Menko Airlangga mengatakan, penyelesaian Indonesia - Kanada CEPA merupakan salah satu prioritas Presiden.

Sebagaimana diketahui, Indonesia - Kanada akan kembali bertemu untuk Perundingan Putaran ke-5 Indonesia – Kanada CEPA di Otawa, Kanada pada 29 Mei – 2 Juni 2023.

"Perjanjian dagang yang komprehensif dan kerja sama sertifikat halal, diharapkan dapat meningkatkan hubungan ekonomi kedua negara. Khususnya  perdagangan dan investasi," kata Airlangga.

Baca juga : Pertamina Geothermal Energy Jajaki Kerja Sama Dengan Perusahaan Jepang

Kedua menteri juga berdiskusi tentang satuan tugas untuk kerja sama ekonomi Indonesia – Kanada, sehingga implementasi kerja sama ekonomi dapat lebih pragmatis dan praktis.

Dalam kesempatan tersebut, Mary Ng juga menyampaikan ketertarikan Kanada, untuk kerja sama dengan Indonesia di sektor critical minerals.

“Kami baru saja bertemu dengan Vale Indonesia. Kami melihat potensi kerja sama dengan Indonesia perihal teknologi dan input pada mining value chain. Agar sesuai TSM (Towards Sustainable Mining)," papar Menteri Ng.

Baca juga : Membangun Komitmen Hijrah Untuk Perkuat Persatuan NKRI

Pertemuan yang juga dihadiri Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, dan Duta Besar RI untuk AS Rosan Roeslani, juga membahas kemungkinan Kanada berpartisipasi dalam IPEF. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.