Dark/Light Mode

Tumbuh Positif Sepanjang 3 Tahun, IKPP Sabet BIA 2023

Rabu, 31 Mei 2023 20:01 WIB
Direktur PT Indah Kiat Pulp And Paper Tbk (IKPP), Kurniawan Yuwono (baju hijau). (Foto: Ist)
Direktur PT Indah Kiat Pulp And Paper Tbk (IKPP), Kurniawan Yuwono (baju hijau). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Unit usaha APP Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (IKPP) meraih penghargaan Bisnis Indonesia Award (BIA) 2023 untuk kategori Perhutanan dan Kertas. IKPP dinilai mampu mempertahankan pertumbuhan positif selama 3 tahun.

Wakil Presiden Direktur PT IKPP, Suhendra Wiriadinata mengatakan, pihaknya menyambut baik penghargaan ini, apresiasi dan penilaian dari Bisnis Indonesia ini merupakan wujud nyata upaya dan komitmen kami dalam membangun bangsa yang bertumpu pada peningkatan ekonomi. 

“Namun, tetap memprioritaskan praktik bisnis yang berkelanjutan sejalan dengan Sustainability Roadmap Vision 2030 (SRV 2030) yang telah kami canangkan," ujarnya.

Baca juga : Laporan Keuangan BI Tahun 2022 Sabet WTP Dari BPK

Suhendra mengatakan, penghargaan ini juga menjadi bukti bahwa bisnis yang bertanggung jawab dapat tumbuh dan berkembang di tengah tantangan dan perubahan zaman.

Presiden Komisaris Bisnis Indonesia Group, Hariyadi Sukamdani mengatakan, pemulihan ekonomi yang didorong dari sisi konsumsi pasca covid-19 dan pencabutan PPKM saat ini semakin memperlihatkan kuatnya optimistis masyarakat dan laju pertumbuhan yang melampaui perkiraan.

"Kinerja pertumbuhan produksi barang dan jasa pada kuartal I-2023 yang mencapai 5,03 persen atau lebih tinggi dari konsensus ekonom sebelumnya di angka 4,8 persen, menjadi salah satu indikator pulihnya perekonomian domestik," ungkap Hariyadi.

Baca juga : NCKL Bukukan Pendapatan 4,8 Triliun Di Kuartal Pertama 2023

Ketua Dewan Komisaris OJK, Mahendra Siregar mengatakan, tujuan dari penyelenggaraan acara ini adalah untuk memberikan penghargaan kepada perusahaan yang memang mampu mencapai kinerja yang baik di era yang baru ini.

"Saya menyampaikan selamat kepada semua perusahaan yang memperoleh penghargaan ini. Kami berharap kita semua terus meningkatkan kinerja dalam memperbaiki Governance, dengan membangun kerjasama, kolaborasi, dan sinergi demi kemajuan bangsa dan negara," ucap Mahendra.

BIA yang telah berjalan selama 21 tahun, merupakan ajang apresiasi tahunan bagi korporasi terkemuka, khususnya perusahaan yang sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia. Tema BIA tahun ini adalah "Bertumbuh di Era Baru".

Baca juga : Dukung Pencegahan Covid-19, KAI Sabet PPKM Award 2023

BIA memberikan penghargaan kepada perusahaan yang mampu mempertahankan pertumbuhan positif sepanjang tiga tahun terakhir, tetap aktif mencari peluang dalam memaksimalkan kinerja perusahaannya, serta siap menghadapi era baru pasca pandemi Covid-19.

Dalam proses penilaiannya, penerima award BIA 2023 telah lolos screening awal berdasarkan kriteria total aset, total ekuitas, dan net income positif. Skor diberikan berdasarkan rasio pertumbuhan dan rasio kinerja untuk periode penilaian Kuartal IV-2022, Kuartal IV-2021, dan Kuartal IV-2020.

Juri juga menilai berbagai aspek lain seperti pertimbangan sustainability dan risk management, serta tata kelola perusahaan. PT IKPP berhasil unggul dalam rasio pertumbuhan, rasio kinerja, serta penilaian kualitatif oleh juri.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.