Dark/Light Mode

BSI Maslahat Raih 2 Penghargaan TOP CSR Award 2023

Jumat, 9 Juni 2023 15:58 WIB
BSI Maslahat berhasil meraih dua penghargaan di ajang TOP CSR Award 2023, (Foto: Dok. BSI Maslahat)
BSI Maslahat berhasil meraih dua penghargaan di ajang TOP CSR Award 2023, (Foto: Dok. BSI Maslahat)

RM.id  Rakyat Merdeka - BSI Maslahat meraih dua penghargaan di ajang TOP CSR Award 2023, dengan kategori Top CSR 2023 Stars 5 dan Top Leader on CSR Commitment 2023.

Dalam ajang tersebut, BSI Maslahat menghadirkan dua program unggulan yakni BSI Maslahat Sociopreneur dan Program Ibu tangguh.

Direktur Eksekutif BSI Maslahat Sukoriyanto Saputro berterima kasih kepada seluruh stakeholder khususnya PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI sebagai perusahaan induk, serta nasabah serta seluruh donatur atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan.

“Ini merupakan apresiasi sekaligus amanah bagi kami. Alhamdulillah, tahun ini BSI Maslahat mendapatkan penghargaan lebih baik dibanding tahun lalu, untuk itu ke depan BSI Maslahat akan akan terus melakukan inovasi kebaikan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (9/6).

Baca juga : Reksa Dana Berkontribusi Sosial, INSIGHT Raih TOP CSR Awards 2023

Sukoriyanto menjelaskan, konsep pengelolaan CSR yang BSI Maslahat jalankan menerapkan prinsip CSR yang impactful, memiliki dampak jangka panjang dan menyelesaikan problematika sosial hulu ke hilir.

Untuk program BSI Maslahat Sociopreneur, merupakan program inkubasi bisnis bagi penerima beasiswa di tingkat mahasiswa yang memiliki kompeten untuk disiapkan sebagai change maker di daerah asalnya, dengan cara membangun bisnis yang memiliki dampak sosial.

“Dengan program ini diharapkan BSI Maslahat bisa ikut serta dalam melahirkan wirausaha muda muslim yang memiliki kemandirian ekonomi dan bisnis, serta pemberdayaan kepada masyarakat di sekitarnya,” ucap Sukoriyanto.

Program tersebut sudah berjalan dan memiliki tiga angkatan dengan penerima manfaat 130 mahasiswa di 7 kampus dan 81 bisnis telah terbentuk.

Baca juga : 7 Unit Usaha APP Sinar Mas Sabet Top CSR Award 2023

Di fase akhir program, terbentuk 48 bisnis yang bertahan dan berkelanjutan. Dari 59 persen bisnis yang berkelanjutan tersebut, telah menyerap 1,9 miliar modal dari BSI, dan telah menyediakan 175 lapangan kerja bagi masyarakat sekitar.

Sementara, program Ibu tangguh yaitu program pemberdayaan ekonomi dengan bantuan usaha UMKM dan pendidikan dan biaya hidup di fase transisi, bagi kepala keluarga perempuan tunggal, akibat dari pandemi Covid-19.

Program ini didorong karena adanya 11.000 anak yatim piatu atau yatim piatu yang terjadi karena Covid-19. Di fase pertama BSI Maslahat telah mengimplementasikan program pada 20

Kepala Keluarga Tunggal perempuan, sebagai penerima manfaat langsung di Jabodetabek. Ada 84 orang penerima manfaat dengan 20 anak yang diberikan bantuan pendidikan.

Baca juga : Keren, Pertagas Raih 7 Penghargaan TOP CSR Award 2023

Selain itu, program ini telah berhasil membuka lapangan kerja bagi ibu Kepala Keluarga Tunggal Terdampak Covid-19. Dalam penilaiannya, Majalah TOP Business bersama asosiasi membagi tingkatan klasifikasi perusahaan/ organisasi.

Beberapa kriteria diantaranya keselarasan inisiatif CSR (atau Dukungan Program CSR) terhadap strategi bisnis perusahaan; tingkat adopsi Kebijakan dan program CSR terhadap ketentuan ISO 26000:2010 Social Responsibility.

Sistem Tata Kelola CSR baik perencanaan, pelaksanaan, monitoring dan pelaporan tingkat adopsi CSR terhadap konsep CSV (Creating Shared Value / Berbagi manfaat bersama dengan para pemangku kepentingan), dan adanya CSR Unggulan yang dapat menjadi contoh/dapat direkomendasikan kepada perusahaan lain. ■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.