Dark/Light Mode

Triwulan I-2023, Angkasa Pura I Cetak Kenaikan Laba Bersih 120 Persen

Senin, 12 Juni 2023 19:19 WIB
Ilustrasi. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. (Dok. Angkasa Pura I)
Ilustrasi. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali. (Dok. Angkasa Pura I)

RM.id  Rakyat Merdeka - Transformasi PT Angkasa Pura I berhasil menuai hasil positif sehingga mampu mengembalikan kinerja operasional dan keuangan perusahaan ke masa sebelum pandemi.

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, dengan semangat Rebound to Win melalui empat pilar transformasi yakni business turnaround, organization and culture, financial restructuring, dan digitalisasi, Angkasa Pura I akhirnya kembali mencetak laba bersih di triwulan I-2023.

Laba bersih Angkasa Pura I di tiga bulan pertama tahun ini meningkat 120 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun lalu atau sebesar Rp 147 miliar.

Pencapaian ini didukung oleh kontribusi tingginya trafik penumpang sebesar 15,3 juta penumpang atau telah mencapai recovery rate sebesar 81 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada 2019 sebesar 18,9 juta penumpang.

Baca juga : Mantap! Pertamina Cetak Laba Bersih Rp 56,6 T Pada 2022, Tertinggi Sepanjang Sejarah

Direktur UtamFaik Fahmi mengatakan, “Kami sangat bersyukur dapat bertahan dan bisa bangkit kembali di tengah situasi pandemi yang membuat perusahaan mesti menelan pil pahit selama tiga tahun belakangan akibat dampak pandemi Covid-19," kata Faik Fahmi dalam keterangan pers, Senin (12/6/2023).

Dikatakan, pencapaian pemulihan melalui pengembangan sektor pariwisata Indonesia dan konektivitas udara.

Hal ini membuktikan bahwa kerja keras seluruh insan Angkasa Pura I dalam menjalankan transformasi berhasil meningkatkan kinerja operasional dan keuangan perusahaan.

"Karena itu, kami optimistis tren positif ini dapat terus berlanjut," tutur Faik.

Baca juga : Sensus Pertanian 2023 Penting Untuk Kebijakan Akurat Mendukung Petani

Menurutnya, transformasi perusahaan Rebound to Win memiliki peran penting dalam mengakselerasi recovery perusahaan.

Angkasa Pura I berhasil mencatat kenaikan EBITDA di kuartal I 2023 hampir 11x lipat dari periode yang sama di tahun sebelumnya atau mencapai Rp 965 miliar.

Pendapatan usaha juga meningkat 107 persen mencapai Rp 1,95 triliun di Maret 2023.

Terdiri dari pendapatan aero sebesar Rp 1,17 triliun dan pendapatan non-aero Rp 781 miliar.

Baca juga : Kehabisan Tenaga, Bakri Gagal Juara

"Inisiatif-inisiatif transformasi melalui empat pilar telah berjalan dengan baik," imbuhnya.

Faik mencontohkan untuk pilar business turnaround, yang bertujuan meningkatkan trafik penumpang dan fasilitas yang ada di bandara, beberapa inisiatif yang dilakukan Angkasa Pura I antara lain berupa fleksibilitas slot time, joint marketing, insentif pemberian diskon landing fee kepada maskapai.

Hingga penguatan kerja sama dengan Emirates untuk peningkatan kapasitas wisatawan yang datang ke Indonesia dengan mendatangkan pesawat komersial terbesar dunia, Airbus A380, melalui rute Dubai-Bali-Dubai.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.