Dark/Light Mode

Kinerja Positif, Reksa Dana Indeks DIM Catat Imbal Hasil 6,8 Persen

Senin, 22 Mei 2023 20:42 WIB
Direktur Sales  Marketing PT Danareksa Investment Management (DIM) Upik Susiyawati. (Foto: Istimewa)
Direktur Sales Marketing PT Danareksa Investment Management (DIM) Upik Susiyawati. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Danareksa Investment Management (DIM) mencatatkan kinerja positif terkait produk Reksa Dana Indeks Danareksa MSCI Indonesia ESG Screened Kelas A.

Sejak Peluncurannya pada 7 September 2022 hingga April 2023, Reksa Dana ini memiliki kinerja yang sangat baik dengan mencatatkan imbal hasil sebesar 6,8 persen.

Angka ini di atas kinerja rata-rata Reksa Dana Saham di Industri dan IHSG, dimana masing-masing memiliki nilai imbal hasil sebesar -4,60% dan -3,77 persen.

Reksa Dana Indeks Danareksa MSCI Indonesia ESG Screened Kelas A sendiri merupakan Reksa Dana yang berbasis Environmental, Social and Governance (ESG).

Baca juga : Survei Terbaru Charta Politika: PPP Lolos Ambang Batas Parlemen 4,1 Persen

“Seperti yang kita ketahui, dalam beberapa tahun terakhir, isu lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG) telah menjadi sorotan utama di Indonesia," ujar Direktur Sales & Marketing PT Danareksa Investment Management (DIM) Upik Susiyawati, dalam keterangannya, Senin (22/5).

Menurutnya, Reksa Dana Indeks Danareksa MSCI Indonesia ESG Screened Kelas A merupakan inovasi DIM dalam rangka menciptakan produk berbasis ESG.

"Hal ini merespon tumbuhnya investor yang mengedepankan prinsip-prinsip ESG yang ingin menggabungkan pertumbuhan keuangan dengan kepedulian terhadap dampak sosial dan lingkungan," ujar Upik Susiyawati.

Ia menambahkan, DIM terus berupaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang ingin berinvestasi sekaligus berkontribusi terhadap keberlanjutan lingkungan.

Baca juga : Kinerja Perusahaan Meningkat, Lintasarta Bagikan Dividen 36,23 Persen

"DIM akan terus berinovasi mengembangkan industri pengelolaan reksa dana melalui produk-produk berbasis Environmental, Social and Governance atau yang lebih dikenal dengan ESG," ujarnya.

Menurutnya investasi di produk ESG DIM bisa menjadi pilihan masyarakat investor.

Adapun dipilihnya MSCI Indonesia ESG Screened, menurut Upik Susiyawati sebagai indeks acuan reksa dana ini karena indeks tersebut sudah dikenal dan diterima oleh investor global, khususnya mereka yang melakukan pendekatan ESG.

Selain itu, pemahaman mengenai potensi keuntungan dari strategi ESG dan semakin tingginya pemeringkatan ESG membuat investasi ESG diminati investor.

Baca juga : Tahun Politik, Kredit Bank DKI Meroket 24,68 Persen

Adapun indeks MSCI Indonesia ESG Screened terdiversifikasi dengan cakupan 17 saham dari 5 sektor. Tingginya tingkat transparansi dan pelaporan juga menjadi keunggulan utama reksa dana ESG.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.