Dark/Light Mode

Pj Gubernur Ajak Semua Pihak Jadikan JFK Wadah Perkuat Ekonomi Domestik

Kamis, 15 Juni 2023 10:03 WIB
Presiden RI, Joko Widodo didampingi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono resmi membuka Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2023, Rabu (14/6) malam.
Presiden RI, Joko Widodo didampingi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono resmi membuka Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2023, Rabu (14/6) malam.

Presiden RI, Joko Widodo didampingi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono resmi membuka Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2023, Rabu (14/6) malam.

JFK Tahun 2023 akan berlangsung pada 14 Juni hingga 16 Juli 2023 mengangkat tema Bersatulah Indonesia Mendukung Perdagangan Dalam Negeri dan Ekspor ke Pasar Dunia.

Dalam sambutannya, Pj Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono menyampaikan terima kasih atas kehadiran Presiden RI, Joko Widodo yang memberikan perhatian dan dukungan terhadap penyelenggaraan JFK 2023 sebagai rangkaian kegiatan HUT ke-496 Kota Jakarta.

Heru pun menceritakan sekilas penyelenggaraan Jakarta Fair yang terinsiprasi dari gelaran pasar malam Gambir yang setiap tahun diselenggarakan di kawasan Monas. Pada tahun 1968, Syamsudin Bahar selaku Ketua Kadin mengusulkan ajang pameran untuk meningkatkan pemasaran produksi dalam negeri.

"Usulan tersebut disambut baik Gubernur DKI Jakarta, Ali Sadikin yang ingin menyatukan berbagai kegiatan pasar malam yang saat itu tersebar di sejumlah wilayah menjadi Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta. Sehingga Pekan Raya Jakarta menjadi agenda rutin tahunan yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT Kota Jakarta," ujar Heru Budi Hartono, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (14/6) malam.

Ia memaparkan, gelaran Jakarta Fair terus bertransformasi menjadi ajang pameran modern yang menampilkan produk unggulan tanah air dan internasional. Tahun 2023,  Jakarta Fair memasuki penyelenggaraan pameran yang ke-54.

"Perjalanan panjang ini membuktikan konsistensi dalam menampilkan pameran multiproduk berkualitas, Jakarta Fair sebagai salah satu pameran terbesar, terlama dan terlengkap di kawasan Asia Tenggara," paparnya.

Untuk itu, Heru mengajak semua pihak menjadikan kegiatan Jakarta Fair sebagai wadah untuk memperkuat  ekonomi domestik, mengoptimalkan potensi produk lokal dan mendorong pertumbuhan industri serta bernegara.

"Kami juga mengapresiasi dan berterima kasih kepada PT JIExpo selaku mitra penyelenggara, sponsor dan pendukung acara serta peserta dunia usaha yang berpartisipasi dalam acara Jakarta Fair Kemayoran 2023," katanya.

Sementara pada kesempatan itu, Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan selamat ulang tahun ke-469 Kota Jakarta.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada malam ini secara resmi saya membuka Jakarta Fair 2023," tuturnya.

Usai memberikan sambutan, Presiden Jokowi bersama para pejabat memainkan alat musik tambur yang menandakan Jakarta Fair 2023 resmi dibuka. Bersamaan dengan itu pula peluncuran Kembang api mewarnai pembukaan JFK 2023.

Selanjutnya Jokowi bersama beberapa menteri dan Panglima TNI serta Ketua Panitia Pelaksana Jakarta Fair, Karuna Murdaya meninjau sejumlah stan. Kehadiran Jokowi disambut meriah pengunjung JFK 2023.

Baca juga : KPK Telusuri Aliran Uang Sekma Hasbi Hasan Ke Orang Dekatnya, Isye Fitri Yuliastuti

RM.id  Rakyat Merdeka -

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.