Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Hadiri KTT G7, Jokowi Diharapkan Mainkan Peran Dorong Pemulihan Ekonomi Dunia

Sabtu, 20 Mei 2023 20:59 WIB
Pakar intelijen Susaningtyas Kertopati (Foto: Istimewa)
Pakar intelijen Susaningtyas Kertopati (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi sedang berada di Jepang untuk memenuhi undangan mengikuti KTT G7. Pakar intelijen Susaningtyas Kertopati menyatakan, kehadiran Presiden Jokowi pada pertemuan G7 ini merupakan momentum yang sangat baik bagi Indonesia.

"Kehadiran Presiden Jokowi pada pertemuan G7 harus dapat dimanfaatkan bagi pemulihan ekonomi dan untuk mencapai Indonesia maju. Yaitu dengan memainkan peranan strategis Indonesia dalam mendorong upaya bersama untuk pemulihan ekonomi dunia," ucap Nuning, sapaan akrab Susaningtyas, Sabtu (20/5).

Mantan anggota Komisi I DPR ini menerangkan, KTT G7 adalah pertemuan negara anggota G7 dan mitra-mitranya. Yang akan dibahas dalam pertemuan ini adalah perubahan iklim, pangan, energi, dan lainnya.

Baca juga : Jokowi Dan PM Trudeau Bahas Ekonomi Hingga Kondisi Myanmar

"Oleh karenanya, harus mengantisipasi geo ekonomi maupun geo politik dunia ke depan. Ketahanan pangan di tengah perubahan iklim akan sulit jika tak dipersiapkan penanganannya dengan baik," jelas peraih gelar doktor bidang intelijen ini.

Nuning melanjutkan, disrupsi di berbagai bidang, utamanya teknologi siber, pasti segera terjadi. Secara garis besar, disrupsi menjadikan kondisi, ketika terjadinya inovasi yang menyebabkan perubahan secara besar-besaran atau mendasar ke dalam sistem yang baru.

Dalam bidang bisnis, lanjut Nuning, hal ini tentunya merupakan tantangan yang cukup berat. Perusahaan harus melakukan inovasi secara terus-menerus agar dapat tetap relevan dengan perubahan zaman.

Baca juga : Ganjar Pranowo: Sulut Akan Tumbuh Jadi Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Besar

"Menurut saya, Indonesia akan sangat baik bila konsisten membawa suara kepentingan global south dan kolaborasi serta kemitraan yang setara. Misalnya, masalah Myanmar dan perkembangan Laut China Selatan," tambah Nuning.

Selain menghadiri KTT G7, Jokowi juga dijadwalkan melakukan pertemuan bilateral dengan beberapa negara yaitu Jepang, Korsel, Inggris, Prancis, Australia, dan lain-lain. Selain itu, Jokowi juga akan bertemu dengan beberapa kalangan pengusaha besar Jepang dalam format business forum.

"Hal ini harus dimanfaatkan untuk kepentingan pembangunan Indonesia diberbagai bidang energi, ekonomi, pangan hingga pertahanan negara," tandasnya.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.