Dark/Light Mode

Ganjar: Ke Depan, Sulawesi Utara Jadi Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Besar Nasional

Jumat, 19 Mei 2023 09:51 WIB
Bakal calon presiden (bacapres) 2024 PDI-P Ganjar Pranowo saat melawat ke Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (18/5). (Foto: Ist)
Bakal calon presiden (bacapres) 2024 PDI-P Ganjar Pranowo saat melawat ke Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis (18/5). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Bakal calon presiden (bacapres) 2024 PDI-P Ganjar Pranowo, menyebutkan Provinsi Sulawesi Utara akan menjadi salah satu kawasan pertumbuhan ekonomi besar di Indonesia. Sulawesi Utara juga disebut menjadi sasaran investor dan turis dari mancanegara.

Hal itu diungkapkan Ganjar, saat melawat ke Kota Manado. Menurutnya, kemajuan daerah di Sulawesi Utara terbilang pesat, setelah dibukanya penerbangan internasional dari dan ke Sulawesi Utara. Sampai saat ini, Bandara Sam Ratulangi telah membukan penerbangan dari Jepang dan Korea Selatan.

Tak hanya itu, destinasi wisata yang dibangun pemerintah juga sukses menarik perhatian turis dan investor mancanegara. Terlebih, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan kawasan destinasi super prioritas nasional Likupang yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara.

Ganjar pun menyampaikan jika terpilih menjadi presiden di 2024 nanti, bakal melanjutkan program yang masuk prioritas nasional yang telah dibangun Jokowi agar pembangunan daerah se-Indonesia bisa merata.

Baca juga : Ganjar Pranowo: Sulut Akan Tumbuh Jadi Kawasan Pertumbuhan Ekonomi Besar

"Semua yang menjadi program bagus, belum selesai, kita tuntaskan. Tapi Sulut ini perkembangannya cepat sekali. Perdagangannya jalan, pariwisatanya terbuka," ujar Ganjar ditemui di Kantor Tribun Manado, Kota Manado, Kamis (18/5).

"Kalau dulu orang melihat Sulut itu (wisata) menyelam di Bunaken, hari ini ada Likupang dan bupati juga cerita di tempatnya (destinasi wisata) bagus-bagus, belum kita bicara kulinernya," sambung Ganjar.

Pada kesempatan itu Ganjar didampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey. Ganjar pun optimistis, dengan segala potensi yang dimiliki, Sulawesi Utara bakal tumbuh dan berkembang lebih cepat.

Investor yang berbisnis di Sulawesi Utara diyakini akan datang berbondong-bondong. Kebijakan membuka penerbangan internasional di Sulawesi Utara pada Februari 2023 lalu juga terus didorong agar promosi daerah dapat berjalan.

Baca juga : BUM Desa Jadi Penopang Ekonomi Nasional

"Investor itu akan tertarik kalau produknya akan laku, lalu seberapa insentif yang bisa kita berikan. Maka kalau kebijakan dari pemerintah, insentif itu yang menjadi penting sehingga cukup seksi untuk para investor masuk," kata Ganjar.

Capres berambut putih itu juga menuturkan, Presiden Jokowi berhasil melakukan pertumbuhan perekonomian daerah pasca pandemi Covid-19 lebih cepat dari negara lain.

Hal tersebut, kata Ganjar, dapat menjadi salah satu indikator investasi dan destinasi pariwisata, khususnya yang masuk program super prioritas nasional bisa tumbuh cepat.

"Hitung-hitungannya tidak sulit, teman-teman di Bappeda itu sudah jago kalau menghitung itu. Begitu iya (investasi), visible, go. Termasuk pembebasan lahan," jelas Ganjar.

Baca juga : Waka BPIP Bicara Arah Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila

Sebagai informasi, Likupang merupakan salah satu destinasi super prioritas yang ditetapkan pemerintah. Destinasi super prioritas lainnya yaitu Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat dan Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.