Dark/Light Mode

Idepreneurs Banten Summit 2023, Upaya Dorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Minggu, 18 Juni 2023 13:13 WIB
Idepreneurs Banten Summit 2023, di Gedung Cakra Venue & Lounge BSD, Tangerang, Sabtu (17/6). (Foto: Istimewa)
Idepreneurs Banten Summit 2023, di Gedung Cakra Venue & Lounge BSD, Tangerang, Sabtu (17/6). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Entrepreneur atau wirausaha memiliki peran penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Pelaksanaan Idepreneurs Banten Summit 2023 merupakan salah satu upaya mendorong munculnya wirausaha muda baru khususnya dari generasi muda, agar pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin bergeliat.

Ketua Regional Idepreneurs Banten Ronald Angga Poernama mengatakan, adanya wirausaha-wirausaha muda ini diharapkan juga dapat memunculkan inovasi maupun ide kreatif yang dapat menyokong ekonomi Indonesia. "Tak terkecuali dari organisasi wirausaha yang sudah ada saat ini seperti Idepreneurs Banten yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi," ucapnya, pelaksanaan acara Idepreneurs Banten Summit 2023, di Gedung Cakra Venue & Lounge BSD, Tangerang, Sabtu (17/6).

Idepreneurs Banten menjadi organisasi yang mendorong pertumbuhan entrepreneur atau wirausaha di Indoneisa. Kata Ronald, organisasi ini didirikan sekelompok pemuda yang mempunyai visi dan misi yang seiring dengan perkembangan Pemerintah Indonesia yang terus berusaha menggenjot pertumbuhan wirausaha agar dapat menjadi negara maju yang pertumbuhan ekonominya dimotori wiraswasta.

Baca juga : Pengadaan 12 Jet Tempur Upaya Prabowo Jaga Perekonomian Indonesia

"Berbagai cara dilakukan untuk membentuk pikiran masyarakat agar menjadi pengusaha dan tidak hanya menjadi pencari kerja," katanya.

Menurutnya, anggota Idepreneurs Banten sudah banyak anggota ini, dan ada di seluruh Indonesia. Yang terdiri dari berbagai bidang, mulai dari tekstil, perikanan, sampai chemical.

"Di sini wadahnya adalah networking. Kami juga harap bisa membantu Indonesia supaya bisa lebih berkembang maju membentuk perekonomian, serta Indonesia menjadi negara maju," ungkapnya.

Baca juga : Haifaa Younis Bicara Kesehatan Spiritual kepada 700 Perempuan Indonesia

Moment ini diharapkan bisa membangun kembali networking untuk membuka peluang usaha yang lebih baik lagi. Ronald mengaku, pihaknya lebih fokus ke networking atau membuka peluang dengan kolaborasi membuka peluang kerja.

Anggota Kehormatan Idepreneurs Banten Eva Nurhayati Santiana Manalu menambahkan, kegiatan ini sangat menarik. Dia berharap, kegiatan ini berharapan bisa menjangkau semua elemen dan bisa melakukan lebih rutin lebih banyak lagi. "Supaya masyarakat lebih banyak mengetahui tentang Idepreneurs Banten ini. Semoga anggotanya bisa lebih besar dan lebih berkembang untuk sebuah wadah perekonomian," ujarnya.

Eva melanjutkan, peran anak muda sangat penting dalam pertumbuhan ekonomi. Apalagi dengan generasi milenial atau generasi Z yang lebih melek teknologi dan internet, sehingga lebih gampang membuka peluang bisnis atau usaha-usaha baru.

Baca juga : Seniman Gandrung Banyuwangi Dukung Muhaimin Pimpin Indonesia

"Pada dasarnya, kegiatan ini merupakan bentuk upaya melahirkan entrepreneur-entrepreneur baru dari generasi muda. Hal ini dilakukan dalam rangka menjawab tantangan bonus demografi yang diprediksi mulai terjadi pada 2030," paparnya.

Pemilihan Tangerang menjadi tuan rumah acara karena merupakan kota metropolitan terbesar di Banten. Tangerang juga memiliki potensi pilar utama pertumbuhan ekonomi.■

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.