Dark/Light Mode

Telkom Berdayakan Generasi Muda Melalui Program Edukasi Konservasi

Kamis, 22 Juni 2023 22:45 WIB
Community Development Center CDC semakin konsisten terlibat dalam aksi nyata penanggulangan krisis iklim di Indonesia.
Community Development Center CDC semakin konsisten terlibat dalam aksi nyata penanggulangan krisis iklim di Indonesia.

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk melalui Community Development Center (CDC) semakin konsisten terlibat dalam aksi nyata penanggulangan krisis iklim di Indonesia melalui program pendidikan konservasi. 

Langkah ini sejalan dengan arahan Menteri BUMN, Erick Thohir yang berharap program Corporate Social Responsibility (CSR) difokuskan pada 3 hal, yakni Pendidikan, Lingkungan Hidup dan UMKM.

SGM Community Development Center Telkom, Hery Susanto mengungkapkan, lebih dari 400 orang mendaftar sebagai peserta Program Edukasi Konservasi, 10% di antaranya telah terpilih berdasarkan pengetahuan dan wawasan umum mengenai konservasi, pengalaman, motivasi, harapan, dan rencana tindak lanjut atau tujuan jangka panjang setelah mengikuti kegiatan pelatihan.

Baca juga : Berdayakan Perempuan, APP Sinar Mas Gelar Program Inkubasi Bisnis

"Pada pelatihan tersebut, peserta mendapatkan materi meliputi Kehutanan Umum, Dasar-dasar Konservasi, Ragam Konservasi, Nilai Karakter Konservasi, Dasar-dasar Ekologi, Pengelolaan Sampah, PPPK dan SAR, Asas Kepemimpinan, Flora dan Fauna Indonesia, Sadar Kebersihan, serta Jurnalistik & Social Media Engagement. Dengan narasumber para ahli berlatar belakang keilmuan serta konsistensinya dalam melakukan aksi nyata sesuai dengan bidangnya masing-masing," ujar Hery dikutip Kamis (22/6).

Ia mengatakan, program ini terintegrasi dan selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) khususnya pada pilar pembangunan lingkungan Nomor 13, yaitu penanganan perubahan iklim atau climate action. 

Lebih dari itu, program edukasi konservasi juga menjadi salah satu aksi nyata dalam mewujudkan target peningkatan pendidikan, penumbuhan kesadaran, serta peningkatan kapasitas manusia dan kelembagaan terkait mitigasi, adaptasi, pengurangan dampak, dan peringatan dini perubahan iklim.

Baca juga : BRI Perkuat Layanan Transaksi Valas Melalui Aplikasi BRImo

Hery kembali menegaskan, Telkom secara konsisten mendukung kelestarian lingkungan yang berkelanjutan melalui beragam program edukasi bagi masyarakat. 

“Program edukasi konservasi ini menjadi wujud komitmen Telkom mendukung kelestarian lingkungan melalui pelatihan bagi para generasi muda untuk meningkatkan kesadaran dan kepeduliannya terhadap lingkungan kita”, ujar Hery.

Lebih lanjut Hery berharap, melalui program ini para generasi muda penerus bangsa dapat secara aktif berkontribusi terhadap penanggulangan isu lingkungan global.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.