Dark/Light Mode

Erick Happy, Sarinah Raih Penghargaan Arsitektur Terbaik

Selasa, 27 Juni 2023 15:35 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Istimewa)
Menteri BUMN Erick Thohir (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi keberhasilan Sarinah meraih penghargaan sebagai best mixed use architecture dalam ajang International Property Awards (IPA) 2023.

Erick menyebut, penghargaan ini merupakan buah kerja keras transformasi Sarinah, yang didukung penuh Presiden Jokowi.

"Ini menjadi bukti bahwa perubahan besar yang dilakukan Sarinah, mendapatkan atensi nyata dari berbagai pihak. Termasuk, penghargaan dari IPA yang diisi para ahli arsitektur dunia. Ini sangat luar biasa," ujar Erick di Jakarta, Selasa (27/6).

Baca juga : Rumah Sakit Premier Jatinegara Raih Penghargaan RS Terbaik Versi GHAPAC 2023

Transformasi Sarinah menciptakan pembangunan inovatif dan berkelanjutan, dengan mengembalikan desain arsitektur ke bentuk asli, sebagai komitmen pelestarian bangunan Sarinah sebagai cagar budaya.

Transformasi tersebut juga mengedepankan keseimbangan tata ruang, yang mengintegrasikan elemen komersial dan rekreasi yang kekinian, tanpa menanggalkan nilai-nilai lokal.

"Alhamdulillah, berkat kerja keras dan kolaborasi bersama, Sarinah kini tak hanya hidup kembali, tetapi juga menjadi pilihan destinasi wisata yang juga menjadi etalase bagi produk UMKM Indonesia," tutur Erick.

Baca juga : Terapkan Hidup Sehat, Mulailah Beralih Ke Makanan Berbasis Nabati

Transformasi membuat Sarinah punya nilai tambah dan daya tarik, baik untuk wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Terlebih, pusat perbelanjaan yang dibangun pada 17 Agustus 1962 itu kini memiliki Sarinah Duty Free.

"Sarinah sudah menjadi ikon, destinasi, dan etalase utama bagi produk Indonesia. Alhamdulillah, jumlah pengunjung Sarinah sudah mencapai 7,5 juta orang dalam enam bulan terakhir. Setelah pandemi ini, diharapkan dapat terus meningkat," papar Erick.

Dia juga mengapresiasi arsitek lokal, Airmas Asri Indonesia yang berhasil memenuhi ekspektasi pemangku kepentingan dan masyarakat dalam merenovasi Sarinah.

Baca juga : Bandara I Gusti Ngurah Rai Raih Penghargaan Manajemen Energi Tingkat Dunia

Menurutnya, hal ini menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki arsitek yang bisa dibanggakan dan bersaing di kancah internasional.

"Kolaborasi Sarinah dan Airmas yang mampu mewujudkan perubahan besar, menjadi hal yang sangat membanggakan bagi dunia arsitektur Indonesia," kata Erick. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.