Dark/Light Mode

Kimia Farma Gandeng Optik Melawai, Perluas Kelengkapan Produk Kesehatan

Rabu, 28 Juni 2023 00:14 WIB
Penandatanganan kerja sama Kimia Farma dengan Optik Melawai. (Foto: Istimewa)
Penandatanganan kerja sama Kimia Farma dengan Optik Melawai. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kimia Farma Apotek (KFA) memperkuat posisi sebagai peritel produk kesehatan (healthcare) melalui kolaborasi dengan Optik Melawai. Dengan kerja sama ini, masyarakat dapat menemukan produk-produk optik di outlet-outlet Kimia Farma yang mencapai lebih dari 1.200 di seluruh wilayah Tanah Air.

Kerja sama KFA dan Optik Melawai resmi terbentuk dengan ditandatanganinya Perjanjian Utama Kolaborasi Pengembangan Usaha Retail dan Perjanjian Konsinyasi oleh Direktur Utama PT KFA Agus Chandra dan Direktur Utama PT Inti Citra Agung Eddyanto Hadisurjo, di Jakarta, Selasa (27/7).

Agus Chandra menyampaikan, kolaborasi ini memperkuat posisi Kimia Farma dan Optik Melawai. Konsepnya adalah Co-location Model, yaitu dapat berbentuk outlet di dalam outlet maupun berdampingan dalam satu lokasi.

Baca juga : KSP Dorong Himpunan Penghayat Kepercayaan Perkuat Kelembagaan

Beberapa jaringan di dalam outlet Kimia Farma ke depannya akan dibuka counter Optik Melawai yang akan menyediakan produk-produk optik antara lain sunglasses, cairan pembersih lensa kontak, kacamata baca, hingga layanan optik seperti pemeriksaan mata dan pembuatan kaca mata. Sebaliknya, beberapa jaringan di dalam outlet Optik Melawai akan membuka counter Kimia Farma yang menyediakan produk-produk kesehatan KFA mulai dari obat-obatan, produk kecantikan (beauty product) seperti perawatan kulit (skincare) dan kosmetik, produk bayi dan anak seperti popok dan berbagai jenis susu, serta alat kesehatan dan produk kesehatan lainnya.

"Kami senang dapat berkolaborasi dengan Optik Melawai, sebuah brand penyedia kaca mata terkemuka di Indonesia. Kerja sama ini memperkuat layanan kesehatan bagi masyarakat dengan menyediakan kacamata dan alat-alat optik selain obat-obatan, alat-alat kesehatan dan produk-produk kecantikan,” tutur Agus Chandra.

Perluasan ketersediaan produk kesehatan di outlet Kimia Farma juga terlihat dengan hadirnya produk-produk personal care (perawatan diri) untuk kebersihan tubuh, rambut, kulit dan wajah. Kimia Farma juga menyediakan kebutuhan pelanggan lainnya seperti produk-produk susu, vitamin hingga makanan dan minuman kesehatan.

Baca juga : Kemnaker Gelar Program Perluasan Kesempatan Kerja Di Papua

Peningkatan jangkauan pelayanan kesehatan dan variasi produk serta layanan Kesehatan dihadirkan untuk kenyamanan pelanggan ini sejalan dengan slogan yang mulai digaungkan yaitu: “Ingat Sehat, Ingat Kimia Farma."

Agus Chandra memastikan, kemudahan transaksi bagi pelanggan Kimia Farma untuk bertransaksi secara digital melalui Kimia Farma Mobile. Hal itu sebagai komitmen Kimia Farma bagi layanan kesehatan untuk masyarakat menyusul pembukaan outlet-outlet baru dan perubahan tampilan di berbagai lokasi. Pada 6 Mei 2023, KFA melakukan grand opening 15 outlet, salah satunya di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta.

Tidak lama lagi, Kimia Farma segera membuka beberapa outlet dengan konsep baru secara hybrid yang akan dipusatkan di Bali. Dalam kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Inti Citra Agung, Eddyanto Hadisurjo menyampaikan bahwa Optik Melawai merupakan jaringan Optik terbesar di Indonesia, sedangkan Apotek Kimia Farma merupakan merupakan jaringan Apotek terbesar di Indonesia sehingga terjalinnya kerja sama ini merupakan kerja sama antara dua market leader di industrinya masing-masing.

Baca juga : Fase Endemi, Dinkes DKI Imbau Warga Tetap Proteksi Kesehatan

“Hari ini sangatlah menyenangkan karena kedua perusahaan besar ini telah memutuskan untuk bekerja sama dalam upaya memberikan solusi kesehatan yang lebih baik dan berkualitas kepada masyarakat yaitu dengan pembukaan cabang Optik Melawai di outlet Apotek Kimia Farma dan juga sebaliknya pembukaan cabang Apotek Kimia Farma di outlet Optik Melawai, selain kerja sama pembukaan cabang Kimia Farma juga akan berkolaborasi dengan menjual barang dari Optik Melawai yaitu berupa sunglass, kacamata baca dan cairan pembersih lensa kontak,” ungkap Eddy.

Optik Melawai dengan pengalamannya yang panjang di bidang frame dan lensa kacamata serta lensa kontak dan Kimia Farma yang dikenal akan produk-produk farmasi berkualitas, adalah dua merek yang sangat dipercaya dan dihormati oleh masyarakat di Indonesia. Kombinasi keahlian dan pengalaman ini akan memberikan manfaat besar bagi para pelanggan kedua perusahaan.

"Kami sangat percaya bahwa kerja sama ini akan membuka jalan bagi banyak kemungkinan yang menarik bagi kedua perusahaan, serta memungkinkan kami untuk menyediakan solusi kesehatan terintegrasi yang lengkap dan efektif bagi masyarakat" pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.