Dark/Light Mode

Penumpang Kereta Jarak Jauh Melonjak 66 Persen Jelang Idul Adha

Rabu, 28 Juni 2023 11:49 WIB
pergerakan penumpang kereta api jelang Idul Adha makin ramain.
pergerakan penumpang kereta api jelang Idul Adha makin ramain.

RM.id  Rakyat Merdeka - Memasuki long weekend Idul Adha, PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat lonjakan volume penumpang sebanyak 159.838 pelanggan KA Jarak Jauh pada Selasa (27/6). Angka ini meningkat 66% dibanding Selasa pekan sebelumnya yang berjumlah 96.416 pelanggan. 

Berdasarkan pantauan pada Rabu (28/6), total tiket KA Jarak Jauh yang terjual pada periode long weekend Idul Adha yakni Selasa (27/6) Sampai Minggu (2/7) yaitu sebanyak 703.431 tiket atau rata-rata 117.238 tiket per hari. 

“Jumlah tersebut, 93% dari total keseluruhan tiket KA Jarak Jauh yang tersedia sebanyak 754.450 tiket,” kata VP Public Relations KAI, Joni Martinus.

Baca juga : Pemerintah Janji Perkuat Bisnis Pelaku Usaha Kecil

Sejauh ini, rute favorit masyarakat pada periode long weekend tersebut adalah Jakarta-Bandung pp, Jakarta-Purwokerto pp, Jakarta-Surabaya pp, Medan - Tanjungbalai pp, Yogyakarta - Banyuwangi pp, Bandung - Surabaya pp, dan relasi lainnya.

Jika tiket yang diinginkan sudah habis, pelanggan dapat memilih tanggal dan rute alternatif atau memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi KAI Access yang akan membantu memberikan opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Pada periode long weekend Idul Adha 2023 yakni Selasa (27/6) sampai Minggu (2/7), KAI mengoperasikan 1.340 Kereta Api Jarak Jauh. Terdapat penambahan 18 perjalanan KA dibanding pekan sebelumnya, yaitu Selasa (20/6) sampai Minggu (25/6) sebanyak 1.322 perjalanan KA.

Baca juga : Menlu Retno Atur Jadwal Kunjungan Presiden Jokowi Ke Tanzania

KA-KA yang ditambah perjalanannya, yaitu KA Argo Parahyangan (Gambir - Bandung pp), KA Manahan (Gambir-Solo Balapan pp), KA Pandalungan (Gambir-Jember pp), KA Sancaka (Yogyakarta-Surabaya Gubeng pp) dan KA Kaligung (Semarang Poncol - Cirebon Prujakan pp).

KAI mengimbau kepada pelanggan agar mengalokasikan waktu yang cukup saat menuju ke stasiun keberangkatan. Hal ini sebagai upaya agar pelanggan tidak tertinggal keretanya. Mengingat kepadatan jalan raya yang cenderung semakin meningkat di momen libur panjang seperti saat ini. 

“Kami berkomitmen memastikan perjalanan kereta api, khususnya di momen long weekend Idul Adha ini dapat berjalan dengan selamat, aman, lancar, tertib, dan terkendali,” kata Joni.■
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.