Dark/Light Mode

Jemaah Haji Laksanakan Tawaf Wada Sebelum Tinggalkan Mekah

Sabtu, 1 Juli 2023 21:49 WIB
Kondisi kabah yang penuh oleh jemaah haji yang lakukan tawaf wada sebelum tinggalkan Mekah. (Foto: Antara)
Kondisi kabah yang penuh oleh jemaah haji yang lakukan tawaf wada sebelum tinggalkan Mekah. (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jutaan orang dari seluruh dunia melaksanakan tawaf wada atau tawaf perpisahan yang menandakan berakhirnya pelaksanaan ibadah haji.

Jutaan jemaah haji dari seluruh dunia mulai bergerak ke Masjidil Haram sejak sore hari waktu setempat untuk melaksanakan tawaf wada setelah melaksanakan lempar jumrah ula, wustha, dan aqabah.

Baca juga : Iduladha 1444 H, Ganjar Takalar Adakan Pelatihan Penyembelihan Hewan Kurban

Dikutip dari Antara, lingkaran tawaf penuh sesak, bahkan tidak ada celah sedikitpun karena banyaknya orang yang ingin menunaikan tawaf wada. Lantunan doa diucapkan jemaah haji sambil mengelilingi Ka'bah sebanyak tujuh kali sebagai bentuk penghormatan terakhir kepada baitullah serta menjadi penutup ibadah haji.

Suara tangisan terdengar dari jutaan orang saat melaksanakan tawaf wada lantaran perpisahan sedemikian menyesakkan.

Baca juga : Ketum Muhammadiyah Percayakan Mahfud Tuntaskan Polemik Al Zaytun

Abdul Wahab yang berasal dari Pakistan tak kuasa membendung air matanya usai melaksanakan tawaf wada. Air matanya jatuh berderai saat mengangkat kedua tangannya sebagai tanda perpisahan. Dia terharu dan sedih karena harus kembali ke negaranya.

Sebelumnya, Kerajaan Arab Saudi mengeluarkan 1,8 juta e-visa untuk musim haji tahun ini dalam catatan waktu yang dilaporkan oleh Saudi Press Agency (SPA). Pengumuman itu dibuat oleh Wakil Menteri Haji dan Umrah Dr Abdulfattah Mashat dalam konferensi pers di Mekah pada Sabtu (1/7).

Baca juga : Kang Emil Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Monumen Plaza Soekarno

Mashat mengatakan, manajemen haji dan upaya organisasi menyediakan lingkungan yang sesuai bagi jemaah untuk menunaikan ibadah dengan mudah dan nyaman.

Ibadah haji tahun ini cukup menantang karena diadakan dalam suhu hampir 46 derajat Celcius. Otoritas Saudi meluncurkan operasi skala besar guna memastikan kesehatan dan keselamatan jemaah.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.