Dark/Light Mode

Cara Jemaah Haji Lansia Dan Disabilitas Wukuf Di Arafah, Khutbah Dan Link Live Streaming

Selasa, 27 Juni 2023 17:34 WIB
Prosesi wukuf di Arafah, Selasa (27/6). (Foto: Tangkap layar video YouTube Kemenag RI)
Prosesi wukuf di Arafah, Selasa (27/6). (Foto: Tangkap layar video YouTube Kemenag RI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hari ini, jemaah haji dari seluruh dunia, termasuk jemaah haji Indonesia, sedang melaksanakan prosesi wukuf di Arafah. Khusus jemaah haji lansia dan disabilitas dikawal oleh 54 petugas.

Juru Bicara PPIH Pusat Akhmad Fauzin menyebutkan ada sekitar 240 jemaah haji lansia dan disabilitas yang wukuf di Arafah saat ini.

Mobilisasi jemaah haji lansia dan disabilitas ini dilakukan mulai jam 09.00 Waktu Arab Saudi (WAS). Setiap bus diisi maksimal 40 jemaah dalam kondisi duduk. 

Setiap bus dikawal sembilan petugas, terdiri atas: penunjuk jalan, dokter, pembimbing ibadah, paramedis, dan pelayanan lansia.

Baca juga : Aneka Cara Kreatif Cinta Laura dan Zagy Berian Atasi Sampah Dan Kurangi Emisi

“KKHI juga siagakan dua ambulance, on call. Untuk setiap jemaah, disiapkan antara lain kain ihram, mukena, peralatan mandi, diapers, sarung tangan, masker," kata Akhmad. 

"PPIH Arab Saudi juga menyiapkan sejumlah kursi roda, alat pelindung diri (APD), dan alat kebersihan,” sambungnya.

Ia menjelaskan, setelah melaksanakan salat berjamaah Jama’ qashar Maghrib dan Isya, secara bertahap jemaah diberangkatkan ke Muzdalifah.

“Kami mohon doa dari keluarga jemaah dan masyarakat Indonesia agar selama menjalani wukuf para jemaah, tamu Allah senantiasa diberikan kekuatan, kesehatan, dan kelancaran dalam beribadahnya,” imbuhnya.

Baca juga : Petebu Ganjar Santuni Penyandang Disabilitas, Anak Yatim Dan Duafa Di CirebonĀ 

Khutbah Wukuf

Akhmad mengatakan khutbah wukuf akan digelar di tenda utama dan di setiap tenda jemaah lainnya yang dilaksanakan oleh para pembimbing ibadah.

“Khutbah wukuf di tenda utama akan disampaikan oleh Habib Ali Hasan al Bahar, Lc, MA," ucap Akhmad.

Setelah khutbah, dilanjutkan qashar Zuhur dan Ashar, dilanjutkan zikir dan doa wukuf yang dipimpin oleh KH Dr Aris Nikmatullah.

Baca juga : Hore, Rakyat Bisa Khusuk Ibadah Dan Nyaman Liburan

Live Streaming

Prosesi khutbah dan wukuf di Arafah bisa disaksikan via Instagram dan YouTube Kementerian Agama pukul 14.45 WIB dan 10.45 WAS. Klik di sini.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.