Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini 10 Mata Uang Dengan Nilai Tukar Terendah Di Dunia, Rupiah Peringkat Berapa?

Senin, 3 Juli 2023 21:15 WIB
Ilustrasi. Daftar 10 mata uang dengan nilai tukar terendah di dunia. (Foto: Unsplash/Ibrahim Boran)
Ilustrasi. Daftar 10 mata uang dengan nilai tukar terendah di dunia. (Foto: Unsplash/Ibrahim Boran)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jika mata uang dengan nilai tertinggi di dunia adalah dinar Kuwait (KWD), maka mata uang mana yang nilainya terendah di dunia?

Dalam artikel ini akan diulas 10 mata uang dengan nilai terendah di dunia. Namun sebagai tolak ukurnya, kita akan menggunakan mata uang dolar AS.

Sebab meskipun bukanlah berstatus sebagai mata uang dengan nilai tertinggi, dolar AS adalah mata uang yang masih relatif paling banyak diperdagangkan di dunia.

Daftar mata uang dengan nilai terendah di bawah ini akan dimulai dengan mata uang yang paling lemah terhadap dolar AS.

Nilai tukar mata uang berikut ini mengikuti datta terbaru kurs mata uang per hari Senin (3/7) ini:

Top 10 Mata Uang Terlemah di Dunia: Dari Rial Iran hingga Shilling Uganda

1. Rial Iran (IRR)

Rial Iran menjadi mata uang terlemah di dunia. Dengan nilai tukar 1 rial Iran setara dengan 0,000024 dolar AS, atau 1 dolar AS sama dengan 42.250 rial Iran. Meskipun nilai tukarnya rendah, rial Iran memiliki sejarah yang panjang dan menarik.

Mata uang Iran ini telah mengalami inflasi yang tinggi selama beberapa dekade terakhir, yang telah mengakibatkan depresiasi nilai tukarnya. 

Sanksi ekonomi internasional juga mempengaruhi mata uang ini. Meskipun begitu, Iran tetap menjadi salah satu produsen minyak terbesar di dunia dan memiliki kekayaan alam yang melimpah.

2. Dong Vietnam (VND)

Dong Vietnam merupakan mata uang terlemah kedua di dunia. 1 dong setara dengan 0,000042 dolar AS, atau 1 dolar AS setara dengan 23.710 dong Vietnam. 

Baca juga : Ini Dia, 50 Pantai Terbaik Dunia, 2 Pantai Indonesia Termasuk

Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, Vietnam telah mencapai kemajuan yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir.

Meskipun nilai tukar dong Vietnam rendah, negara ini merupakan salah satu tujuan wisata yang populer di Asia Tenggara. Wisatawan dapat menikmati keindahan alam, warisan budaya yang kaya, dan masakan lezat Vietnam dengan nilai yang terjangkau.

3. Kip Laos (LAK)

Kip Laos berada di peringkat ketiga sebagai mata uang terlemah di dunia. Dengan nilai tukar 1 kip setara dengan 0,000052 dolar AS, atau 1 dolar AS setara dengan 19.081 kip Laos. Laos, negara kecil di Asia Tenggara, memiliki ekonomi yang masih berkembang.

Kip Laos telah mengalami fluktuasi nilai tukar yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Pemerintah Laos sedang berupaya untuk meningkatkan perekonomian negara dan menarik investasi asing. 

Negara ini terkenal dengan keindahan alamnya, terutama air terjun, kuil-kuil Buddha yang indah, dan kaya akan budaya.

4. Leone Sierra Leone (SLL)

Leone Sierra Leone menjadi mata uang terlemah keempat di dunia. Dengan nilai tukar 1 leon setara dengan 0,000051 dolar AS, atau 1 dolar AS setara dengan 19.750 leon Sierra Leone. Negara ini terletak di Afrika Barat dan dikenal dengan sejarah yang kaya.

Leone Sierra Leone telah mengalami konflik bersenjata yang merusak perekonomiannya. Namun, negara ini telah pulih secara perlahan dan kini berusaha untuk menarik investasi dan membangun kembali infrastruktur. Sierra Leone memiliki kekayaan sumber daya alam, seperti berlian, emas, dan timah.

5. Rupiah Indonesia (IDR)

Rupiah Indonesia menempati peringkat kelima dalam daftar mata uang terlemah di dunia. Dengan nilai tukar 1 rupiah setara dengan 0,000067 dolar AS, atau 1 dolar AS setara dengan 15.037 rupiah Indonesia. 

Meskipun nilai tukarnya rendah, Indonesia adalah negara dengan ekonomi terbesar di Asia Tenggara dan memiliki keanekaragaman alam dan budaya yang luar biasa.

Rupiah Indonesia telah mengalami fluktuasi nilai tukar yang signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Meskipun demikian, negara ini telah mencapai pertumbuhan ekonomi yang stabil dan berupaya meningkatkan kualitas infrastruktur serta daya saing global. 

Baca juga : BPJamsostek Berikan Perlindungan Sosial Bagi Para Pendeta Di Jakarta

Indonesia juga menawarkan keindahan alam yang luar biasa, seperti pulau-pulau yang eksotis, gunung berapi, dan kekayaan budaya yang tak terhitung jumlahnya.

6. Pound Lebanon (LBP)

Pound Lebanon menduduki peringkat keenam sebagai mata uang terlemah di dunia. Dengan nilai tukar 1 pound setara dengan 0000067 dolar AS, atau 1 dolar AS setara dengan 14.994 pound Lebanon. Lebanon adalah negara yang terletak di Timur Tengah dan memiliki sejarah panjang serta kekayaan budaya yang luar biasa.

Pound Lebanon telah mengalami tekanan ekonomi yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Krisis politik, ketegangan regional, dan kejatuhan sektor keuangan negara telah mempengaruhi nilai tukar mata uang Lebanon. Meskipun demikian, Lebanon tetap memiliki daya tarik sebagai tujuan wisata, dengan pantai-pantai yang indah, warisan sejarah yang kaya, dan kehidupan malam yang animatif.

7. Som Uzbekistan (UZS)

Som Uzbekistan berada di peringkat ketujuh sebagai mata uang terlemah di dunia. Dengan nilai tukar 1 som setara dengan 0,000088 dolar AS, atau 1 dolar AS setara dengan 11.523 som Uzbekistan. Uzbekistan, negara yang terletak di Asia Tengah, memiliki warisan budaya yang kaya dan menjadi tujuan wisata yang menarik.

Som Uzbekistan telah mengalami perubahan nilai tukar yang signifikan sejak negara ini merdeka. Uzbekistan mengandalkan ekspor komoditas seperti kapas, gas alam, dan emas untuk mendukung perekonomiannya. Negara ini juga menawarkan wisatawan dengan situs-situs bersejarah, seperti kota kuno Samarkand dan Bukhara.

8. Franc Guinea (GNF)

Franc Guinea menempati peringkat kedelapan dalam daftar mata uang terlemah di dunia. Dengan nilai tukar 1 franc setara dengan 0,00012 dolar AS, atau 1 dolar AS setara dengan 8.589 franc Guinea. Guinea, negara yang terletak di Afrika Barat, kaya akan sumber daya alam seperti bijih besi, alumunium, dan emas.

Meskipun mengalami fluktuasi nilai tukar yang signifikan, negara ini memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang tinggi, tetapi juga menghadapi tantangan dalam hal pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan perbaikan infrastruktur. 

Guinea juga memiliki potensi pariwisata yang belum tergali sepenuhnya, dengan hutan hujan yang indah dan kekayaan budaya yang beragam.

9. Guarani Paraguay (PYG)

Guarani Paraguay merupakan mata uang terlemah kesembilan di dunia. Dengan nilai tukar 1 guarani setara dengan 0,00014 dolar AS, atau 1 dolar AS setara dengan 7.252 guarani Paraguay. 

Paraguay, negara yang terletak di Amerika Selatan, dikenal dengan keindahan alamnya, termasuk Danau Ypacarai dan Taman Nasional Defensores del Chaco.

Baca juga : BKS Pastikan, Bandara JBS Layani Penerbangan Umrah

Guarani Paraguay telah mengalami stabilitas nilai tukar yang cukup baik dalam beberapa tahun terakhir. Negara ini memiliki sektor pertanian yang penting, dengan produksi kedelai, jagung, dan daging sapi yang signifikan. 

Paraguay juga menawarkan kehidupan kota yang dinamis, budaya tradisional yang unik, dan keramahan penduduknya.

10. Shilling Uganda (UGX)

Shilling Uganda menduduki peringkat kesepuluh dalam daftar mata uang terlemah di dunia. 

Dengan nilai tukar 1 shilling setara dengan 0,00027 dolar AS, atau 1 dolar AS setara dengan 3.671 shilling Uganda. Uganda, negara yang terletak di Afrika Timur, memiliki kekayaan alam yang melimpah, seperti Danau Victoria, gunung gorila, dan taman nasional yang menakjubkan.

Shilling Uganda telah mengalami stabilitas nilai tukar yang cukup baik dalam beberapa tahun terakhir. Negara ini telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang positif, dengan sektor pariwisata, pertanian, dan minyak yang menjadi tulang punggung ekonominya. 

Uganda juga menawarkan pengalaman safari yang menarik dan kesempatan untuk menjelajahi kebudayaan Afrika yang kaya.

Itulah 10 mata uang dengan nilai tukar terendah di dunia. Setiap negara memiliki tantangan dan peluang yang berbeda dalam mengelola nilai tukar mata uang.

Meskipun nilai tukar rendah dapat mempengaruhi daya beli dan ekonomi negara tersebut, setiap negara memiliki potensi unik dalam hal kekayaan alam, pariwisata, dan pengembangan ekonomi.

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.