Dark/Light Mode

Gelar KKJ-PKJB, Ridwan Kamil: Jabar Negeri UMKM

Sabtu, 8 Juli 2023 17:12 WIB
Fashion show hasil karya pelaku UMKM dari 27 kabupaten/kota dalam kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2023 di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (8/7/2023). (Dok. Pemdaprov Jabar)
Fashion show hasil karya pelaku UMKM dari 27 kabupaten/kota dalam kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2023 di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (8/7/2023). (Dok. Pemdaprov Jabar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyaksikan gelaran dan fashion show hasil karya pelaku UMKM dari 27 kabupaten/kota dalam kegiatan Karya Kreatif Jawa Barat dan Pekan Kerajinan Jawa Barat (KKJ-PKJB) 2023 di Gedung Sate, Kota Bandung, Sabtu (8/7/2023).

Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil ini menuturkan, KKJ-PKJB digelar secara terbuka di Area Gedung Sate menjadi bukti bahwa identitas warga Jawa Barat adalah berjaya di negerinya sendiri dengan produk-produk UMKM unggulan.

Baca juga : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Raih Penghargaan Satyalencana Wira Karya

"KKJ dan PKJB ini adalah identitas kita (warga Jawa Barat). 97 persen tenaga kerja setiap tahun di Jabar itu penyerapannya bukan oleh konglomerasi ekonomi, bukan oleh industri besar, tapi oleh UMKM," ucap Kang Emil.

"Jadi silakan ke mana-mana sebutkan Jabar negeri UMKM, negeri ekonomi kerakyatan," harapnya.

Baca juga : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Apresiasi Kemajuan Kabupaten Bogor Di Berbagai Bidang

Menurut Kang Emil, 60 persen perputaran ekonomi ditopang oleh UMKM. "Perputaran ekonominya juga sekitar 60-an persen lebih," jelasnya.

Kang Emil juga mengapresiasi kehadiran bupati/wali kota yang tampil memesona dengan menampilkan produk UMKM unggulan daerahnya dalam helaran KKJ-PKJB 2023.

Baca juga : Gubernur Jabar Ridwan Kamil Puji Pembangunan Di Kota Bogor

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh 27 kabupaten/kota yang menampilkan helarannya. Saya paham mood dari warga yang menyaksikan sangat antusias. Ada helaran dari 27 kabupaten/kota," tuturnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.