Dark/Light Mode

Stok Pupuk Subsidi Di Gudang Sergai Aman Untuk 3 Minggu Ke Depan

Kamis, 20 Juli 2023 09:37 WIB
Gudang milik Pupuk Indonesia. (Ilustrasi Pupuk Indonesia)
Gudang milik Pupuk Indonesia. (Ilustrasi Pupuk Indonesia)

 Sebelumnya 
Wawan memastikan, seluruh pupuk subsidi ini tersedia di gudang lini III dan akan didistribusikan ke kios resmi Pupuk Indonesia dan bisa ditebus oleh petani yang berhak.

"Total stok pupuk subsidi di Sumut ini, setara dengan 365 persen dari ketentuan minimum yang ditetapkan Pemerintah, atau cukup memenuhi kebutuhan selama dua sampai tiga minggu ke depan," tegasnya.

Selain itu, berdasarkan Permentan Nomor 10 Tahun 2022, Pemerintah menetapkan kriteria petani yang berhak mendapat alokasi subsidi pupuk. Yaitu, wajib tergabung dalam kelompok tani, terdaftar dalam SIMLUHTAN (Sistem Informasi Manajemen Penyuluh Pertanian), menggarap lahan maksimal dua hektar (Ha) dan menggunakan Kartu Tani (untuk wilayah tertentu).

Baca juga : Himpo Jabar-Banten: Pemberian Pupuk Subsidi Dapat Majukan Sektor Pertanian

"Petani hanya dapat menebus pupuk bersubsidi, pada kios-kios resmi yang telah ditentukan untuk melayani kelompok tani setempat," katanya.

Selanjutnya, Permentan Nomor 10 Tahun 2022 juga menetapkan 9 (sembilan) komoditas yang mendapat alokasi subsidi pupuk yaitu padi, jagung, kedelai, bawang merah, bawang putih, cabai, kopi, tebu rakyat dan kakao.

Dengan kata lain, petani yang menggarap di luar komoditas tersebut, tidak lagi berhak mendapat alokasi pupuk bersubsidi.

Baca juga : Sopir Truk Dukung Ganjar Beri Bantuan Lampu Jalan Untuk Pangkalan Di Pandeglang

Hingga kini, pihaknya terus berkomitmen untuk menjaga ketersediaan pupuk bersubsidi di wilayah Kabupaten Sergai. "Stok pupuk yang disiapkan, sesuai ketentuan dan akan disalurkan kepada petani yang berhak sesuai data e-Alokasi," tutur Wawan.

Ia menambahkan, Pupuk Indonesia telah menyalurkan pupuk bersubsidi sesuai Permentan Nomor 10 Tahun 2022, yang menetapkan dua jenis pupuk yaitu urea dan NPK.

"Untuk jenis pupuk lainnya tidak lagi mendapat alokasi subsidi dari Pemerintah,” pungkas Wawan. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.