Dark/Light Mode

Bappebti Luncurin Bursa Kripto, Ini Harapan Bos Indodax

Jumat, 21 Juli 2023 20:30 WIB
CEO Indodax, Oscar Darmawan. (Foto: Ist)
CEO Indodax, Oscar Darmawan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) resmi meluncurkan bursa berjangka kripto. Ekosistem kripto diharapkan bisa tumbuh positif.

CEO Indodax, Oscar Darmawan mendukung, kebijakan Bappebti itu. Namun, dia berharap, investor kripto Indonesia jangan dikenakan biaya tambahan yang terlalu besar. Pasalnya, industri dalam negeri kripto akan terkena imbasnya. 

“Hal ini tentu kami hindari, karena kami berharap pembentukan bursa ini sesuai tujuannya bisa mengokohkan ekosistem kripto di Indonesia yang selama ini sudah dibangun dan dirawat oleh para stakeholder kripto,” ujarnya, Jumat (21/7).

Baca juga : Damai Putra Group Hadirkan Car Free Day di Kota Harapan Indah

Menurut dia, pelanggan kripto saat ini sudah dibebankan pajak kripto yang cukup besar, yakni 0,21 persen. Angka ini dua kali lipat pajak yang dikenakan pedagang saham. 

Penambahan biaya yang berlebihan atas ekosistem bursa, kliring maupun depositori justru bisa menyebabkan industri kripto di Indonesia kalah bersaing dibandingkan industri kripto luar negeri dan akhirnya bisa berimbas terhadap investor yang lebih memilih bertransaksi ke luar negeri. Dengan kata lain terjadinya kondisi capital flight. Oleh karena itu penentuan biaya harus dilakukan dengan sangat hati-hati.

Sebagai upaya menguatkan ekosistem dan penguatan pengawasan terhadap kripto, Bappebti saat ini bersinergi dengan beberapa lembaga, yakni Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Indonesia (BI), dan Kementerian Keuangan, serta melibatkan partisipasi masyarakat luas.

Baca juga : Mampir Di Peluncuran Greyman, Ganjar Jadi Inspirasi Generasi Muda 

Di masa transisi, proses pembentukan bursa kripto di Indonesia, akan diawasi dari Bappebti ke OJK sesuai mandat Undang-undang Pengembangan & Penguatan Sektor Keuangan (UU P2SK).

Saat ini, lanjutnya, dengan label crypto exchange pertama dan terbesar di Indonesia yang telah melayani lebih dari 5,8 juta member, Indodax senantiasa memberikan edukasi soal investasi aset kripto melalui Indodax Academy, berbagai platform media sosial Indodax dan melayani customer lebih baik di setiap harinya melalui layanan customer service 24/7.

Tak hanya sampai di situ, Indodax juga memiliki layanan offline untuk konsultasi transaksi bisnis beli-jual aset kripto di berada di kota jantung bisnis Sudirman, DKI Jakarta dan Seminyak, Bali. Hanya mulai dengan Rp 10 ribu, siapa pun dapat mulai berinvestasi aset kripto di Indodax.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.