Dark/Light Mode

YBI Bangkitkan Batik Lewat GBN 2023

Rabu, 26 Juli 2023 17:48 WIB
Konferensi pers Gelar Batik Nusantara GBN 2023 di Jakarta, Rabu (26/7). Foto: Istimewa
Konferensi pers Gelar Batik Nusantara GBN 2023 di Jakarta, Rabu (26/7). Foto: Istimewa

RM.id  Rakyat Merdeka - Gelar Batik Nusantara (GBN) 2023 kembali dihelat setelah vakum selama Pandemi Covid-19. Ketua Pelaksana Diana Santosa menyebut, GBN 2023 kali ini berbeda. Karena fokus memamerkan inspirasi batik untuk interior rumah atau home living sebagai inspirasi ornamen perbatikan.  

"Perbedaannya dalam pameran batik lain dimana mengusung inspirasi batik yang bisa dijadikan acuan di dunia perbatikan. Tahun ini menghadirkan batik interior rumah atau in home living," ucap Diana saat konferensi pers Gelar Batik Nusantara (GBN) 2023 di Jakarta, Rabu (26/7).

Kreasi batik untuk interior ini menggandeng tiga desainer interior lokal yaitu Agam Riadi, Anita Boentarman, dan desainer muda Hardian Thomas, yang berkolaborasi dengan perajin batik dan menampilkan kreasi batik yang dapat memberi inspirasi dalam penataan interior rumah sehingga bisa tampil lebih cantik.

Gelar Batik Nusantara 2023 yang diinisiasi Yayasan Batik Indonesia (YBI) mengusung tema "Batik, Bangkit!" dengan harapan akan kembali membangkitkan batik setelah tiga tahun mengalami masa pandemi.

Baca juga : Ganda Campuran Habis Di Korea Open 2023

"Harapannya kebangkitan ini akan membangkitkan perkembangan batik, inovasi batik, pasar batik dan daya jual batik," harapnya.

Pameran batik ini akan menggandeng lebih dari 250 pengrajin dari berbagai daerah di Indonesia dengan 95 persen produk yang dipamerkan adalah batik.

Selain itu, tahun ini GBN juga mengangkat keindahan batik tulis Complongan Indramayu sebagai salah satu jenis batik yang mendapatkan pengakuan Indikasi Geografis dari Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) agar dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Sementara itu, Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia (YBI) Gita Pratama Kartasasmita mengatakan acara Gerak Batik Nusantara (GBN) 2023 yang akan digelar 2-6 Agustus 2023 sebagai bagian dari misi YBI untuk melestarikan batik nasional sebagai warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage) dari UNESCO.

Baca juga : BPIP Kirim Wakil Ikuti Pornas Korpri 2023

"Selama ini Yayasan Batik Indonesia aktif dalam memajukan usaha kerajinan batik melalui kegiatan ekonomi untuk menambah nilainya yang pada gilirannya akan mampu mendukung pemerataan dan peningkatan pendapatan pengrajin dan pengusaha batik kecil tradisional," yakin Gita.

Ia mengatakan YBI sejak awal memiliki tiga misi yang bertujuan untuk pelestarian, perlindungan, pengembangan dan pewartaan batik nasional sebagai warisan budaya tak benda yaitu misi sosial, budaya, dan ekonomi.

Selain itu, Gita juga mengatakan dalam upaya melestarikan batik, pihaknya terus memberikan masukan dan dorongan kepada kementerian terkait mengenai mata rantai batik serta ketersediaan bahan baku agar nantinya bisa berkesinambungan dengan penjualan batik dengan harga yang stabil.

YBI, kata Gita, juga turut memberikan dorongan lahirnya regenerasi pembatik baru di berbagai daerah di Indonesia, dan terus mempromosikan batik di tingkat nasional maupun internasional Gelar Batik Nusantara 2023 akan dilaksanakan di Senayan Park Jakarta tanggal 2-6 Agustus 2023.

Baca juga : Bank BRI Gelar Pesta Rakyat Simpedes 2023

Berbagai kegiatan menarik akan dihadirkan seperti talk show seputar batik, kompetisi batik, sesi high tea dan fashion show oleh 6 designer Indonesia yaitu Didi Budiarjo, Chossy Latu, Wilson William, Hutama Adi, Priyo Octaviano, Ghea Panggabean yang akan mengangkat karyanya untuk Batik Indramayu.

Acara ini juga akan mendonasikan pendapatannya pada Yayasan Kanker Indonesia, Pemerintah Daerah Indramayu dan lelang unit Vespa Batik dari Piaggio Indonesia untuk pemberdayaan perempuan dan penderita kanker di Indonesia.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.