Dark/Light Mode

QRIS TUNTAS Jadi Kado Istimewa BI Di Perayaaan Kemerdekaan RI Ke-78

Kamis, 17 Agustus 2023 09:58 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo dalam upacara 17 Agustus sekaligus peluncuran QRIS TUNTAS di Kantor BI, Kamis (17/8). (Foto: Istimewa)
Gubernur BI Perry Warjiyo dalam upacara 17 Agustus sekaligus peluncuran QRIS TUNTAS di Kantor BI, Kamis (17/8). (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Di momen Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-78, Bank Indonesia (BI) memberikan dua kado bagi Indonesia, yakni peluncuran Quick Response Indonesian Standard (QRIS) TUNTAS dan kerja sama QRIS Indonesia dan Singapura.

Kini, masyarakat dan Warga Negara Indonesia bisa melakukan mekanisme setor dan tarik tunai lewat QRIS.

Baca juga : Biden Sampaikan Selamat Merayakan Hari Kemerdekaan RI Kepada Jokowi

“Di hari spesial ini, BI menghadiahkan QRIS TUNTAS untuk tarik tunai, transfer dan setor, yang akan memperluas layanan dan jangkauan QRIS. Sekaligus tak hanya bagi masyarakat yang punya account dan tidak punya account, yang jelas biayainya lebih murah,” kata Gubernur BI Perry Warjiyo dalam upacara 17 Agustus sekaligus peluncuran QRIS TUNTAS di Kantor BI, Kamis (17/8).

Tak hanya itu, BI juga memberikan kado kedua, dengan dimulainya uji coba QRIS antar negara. Setelah sukses kerja sama BI dengan industri di Thailand dan Malaysia, tepat hari ini, akan dilakukan uji coba QRIS antara Indonesia dengan Singapura.

Baca juga : Srikandi Ganjar Adakan Pengajian Bersama Menyambut HUT Kemerdekaan RI Di Jakut

“Dengan Bismillah, kami memohon keberkahan. Mari kita hadirkan hadiah QRIS TUNTAS dan kerja sama QRIS Indonesia dengan Singapura untuk kemajuan digitalisasi Indonesia,” ucap Perry.

Implementasi QRIS TUNTAS bagi Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) yang telah siap untuk mengembangkan fitur dimaksud dilakukan secepat-cepatnya 1 September 2023 dan selambat-lambatnya 30 November 2023.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.