Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Inovasi Pertamina Raih Penghargaan Terbaik ISIF di Turki

Senin, 23 September 2019 21:34 WIB
Pertamina Innovation saat menerima penghargaan bergengsi di ajang 4th Istanbul International Inventions Fair (ISIF) di Istanbul, Turki. (Foto: Pertamina).
Pertamina Innovation saat menerima penghargaan bergengsi di ajang 4th Istanbul International Inventions Fair (ISIF) di Istanbul, Turki. (Foto: Pertamina).

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina Innovation memboyong penghargaan bergengsi di ajang 4th Istanbul International Inventions Fair (ISIF) yang di selenggrakan pada tanggal 17-22 September 2019 di International Istanbul Atatürk Airport, Turki.

Kegiatan ini diikuti 25 negara seperti United Kingdom, Romania, Portugal, Iran, Morocco, termasuk berbagai perusahaan, researchers dan universitas dari seluruh dunia dengan total peserta lebih dari 300 invensi.

ISIF merupakan pameran dan kompetisi inovasi tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Industry and Technology Turki, Turkish Patent and Trademark Office (TÜRKPATENT), di bawah naungan International Federation of Inventors' Association (IFIA) serta didukung oleh World Intellectual Property Organization (WIPO) dan European Patent Office(EPO).

VP Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menjelaskan Pertamina Innovation berhasil mempertahankan gelar The Best International Invention Award, penghargaan tertinggi pada ajang ISIF selama 2 (dua) tahun berturut-turut.

Baca juga : Terminal Internasional LCC Pertama di Indonesia Gairahkan Pasar Penerbangan Hemat di Tahun Ini

Tahun ini, penghargaan tertinggi diraih oleh PC PROVE SAMS dari PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) dengan inovasinya yang berjudul Improvroving the Effectiveness of Operations and Maintenance for Production Facilities through S.A.M.S (Seamleass Aset Management System), berbasis android dan terintegrasi dengan sistem MySAP.

Inovasi tersebut juga memboyong 2 special award dari Romanian Inventir Forum (negara Romania) dan special award dari Asosiasi Iran.

“Ini bagian dari Continuous Improvement Program (CIP) Pertamina. Kami berharap capaian ini tidak saja jadi kebanggaan, tetapi juga menginspirasi seluruh pekerja Pertamina untuk terus melakukan improvement dan menciptakan inovasi baru demi mendukung kinerja perusahaan,” ujar Fajriyah.

Selain itu, Pertamina Innovation juga berhasil menyabet 2 medali emas yang salah satunya berasal dari PC PROVE Gastech dari fungsi Upstream Technical Center (Direktorat Hulu) dengan judul inovasi “Improving the Success Ratio of Hidden Geothermal Exploration using PertaGASTECH vPL-17 in Karaha Geothermal Field Pertamina Geothermal Energy”, special award pun juga berhasil didapatkan dari Asosiasi Morocco (OFEED) dan Asosiasi Romania.

Baca juga : JDIH Kemnaker Raih Penghargaan Terbaik II JDIHN Award 2019

Tidak berhenti sampai di situ, lanjut Fajriyah, PT Elnusa (Tbk) selaku anak perusahaan PT Pertamina (Persero) yang di wakilkan oleh PC PROVE LAUT BIRU diganjar penghargaan Medali Emas dan special award dari Asosiasi Croatia serta Portugal dengan inovasinya berupa Boom Crane Smart Basket.

Perwakilan dari PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) pun turut membanggakan Pertamina Innovation dengan inovasinya berupa “Pneumatic Slip Lifter” yang berhasil mendapatkan medali perak sekaligus 2 (dua) special award dari Asosiasi United Kingdom dan Portugal.

VP Quality, System & Knowledge Management PT Pertamina (Persero), Annisrul Waqie menyatakan keberhasilan Pertamina Innovation di ajang 4th ISIF Turki 2019 merupakan salah satu bukti atas ekselensi Pertamina secara Global mengingat acara tersebut diikuti oleh beberapa negara besar dan dikunjungi oleh 6.000-10.000 visitor setiap harinya.

“Keberhasilan karya inovasi Pertamina dalam event internasional ini menunjukan ekselensi Pertamina secara global, dan ini dapat menjadi modal bagi perusahaan dan insan mutu Pertamina khususnya untuk lebih confidence dalam merespon tantangan dan persaingan bisnis” tutur Annisrul Waqie.

Baca juga : Polri Masih Butuh Banyak Alat Pengaman bagi Pasukan

Dengan demikian 4 Gugus CIP yang inovasinya telah terdaftar Paten dan Hak Cipta secara Nasional ini menjadi perwakilan Pertamina Innovation dan berhasil mengantongi The Best International Invention Award, 2 Medali Emas, 1 Medali Perak dan 8 Special Award.

Pertamina mampu unjuk gigi di kancah Internasional dengan inovasi-inovasinya yang luar biasa. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.