Dark/Light Mode

Pertamina Siap Bangun Sustainable Energy Center Di IKN

Sabtu, 23 September 2023 12:13 WIB
Presiden Jokowi menyaksikan penandatangan kerja sama antara Pertamina dan Otorita IKN membangun Pertamina Sustainable Energy Center di IKN. (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi menyaksikan penandatangan kerja sama antara Pertamina dan Otorita IKN membangun Pertamina Sustainable Energy Center di IKN. (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pertamina kerja sama dengan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) membangun Pertamina Sustainable Energy Center di kawasan IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Kerja sama keduanya ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) antara Pertamina dan Otorita IKN, Jumat (22/9). Presiden Jokowi ikut saksikan penandatanganan ini.

Baca juga : Pertamina Siap Kembangkan Pusat Riset Energi Berkelanjutan di IKN

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati mengatakan, kerja sama itu merupakan upaya dalam mendukung pemerintah untuk mencapai net zero emission. “Ini wujud dari implementasi dan support dari Pertamina terhadap target pemerintah untuk mencapai net zero emission di tahun 2060. Karena kita sama-sama menyadari ada tiga tantangan besar yang harus kemudian kita manage dengan baik agar target tersebut dapat tercapai,” ucap Nicke.

Kata Nicke, teknologi menjadi salah satu tantangan dalam mengelola sumber daya alam yang dimiliki Indonesia. Menurutnya, Indonesia memiliki sumber daya alam dan pasar dengan jumlah besar.

Baca juga : PUPR Kebut Pembangunan Rumah Jabatan Menteri Di IKN

“Oleh karena itu, kita memerlukan teknologi yang bisa memproses sumber daya alam yang dimiliki Indonesia untuk digunakan sebagai energi di domestik,” tuturnya.

Selanjutnya, Nicke menjelaskan,  penyiapan tenaga kerja dengan kemampuan spesialisasi yang sesuai dengan energi masa depan juga sangat dibutuhkan. “Dengan tenaga kerja hari ini yang lebih banyak ke fossil energy, kita harus memastikan tidak akan terjadi banyak lay off jadi perlu dilakukan ada pengembangan sumber daya dengan skill set yang baru dengan spesialisasi yang baru yang sesuai dengan energi masa depan,” ucapnya.

Baca juga : Pakuwon Gandeng Marriott Bangun 3 Hotel Di IKN

Lebih lanjut, Nicke mengucapan, terima kasih kepada Otorita IKN dan pemerintah. Nicke berharap bahwa pembangunan Pertamina Sustainable Energy Center dapat segera terealisasikan. 

“Kami berterima kasih kepada IKN yang telah menyiapkan lahan yang cukup besar sehingga kita bisa men-develop ini bersama-sama dengan beberapa pihak tentunya atas support dari pemerintah,” tuturnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.