Dark/Light Mode

TelkomGroup Antisipasi Adanya Serangan Siber Di KTT ASEAN

Sabtu, 2 September 2023 09:35 WIB
Direktur Network  IT Solution Telkom Herlan Wijanarko memimpin Apel Kesiapan Satgas KTT ASEAN 2023 TelkomGroup di Telkom Slipi, Jakarta Jumat (1/9).
Direktur Network IT Solution Telkom Herlan Wijanarko memimpin Apel Kesiapan Satgas KTT ASEAN 2023 TelkomGroup di Telkom Slipi, Jakarta Jumat (1/9).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk  menyediakan layanan dan jaringan yang dilengkapi dengan Next Generation Firewall untuk mengantisipasi adanya serangan siber dalam pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 ASEAN di Jakarta pada 5-7 September 2023.

Hal itu disampaikan Direktur Network & IT Solution Telkom, Herlan Wijanarko saat menggelar apel kesiapan kerja KTT ASEAN TelkomGroup di Telkom Slipi, Jakarta, pada Jumat (1/9).  

Apel KTT ASEAN ini diikuti oleh seluruh karyawan dan teknisi yang bertugas dalam pengawalan infrastruktur, jaringan dan layanan TelkomGroup selama kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi ke-43 ASEAN pada 5-7 September 2023.

Baca juga : Telkom Dukung Optimalkan Hasil Panen Budi Daya Rumput Laut Di NTT

Dalam sambutannya, Herlan mengatakan,  kegiatan apel ini tidak lain untuk mensukseskan pelaksanaan KTT ASEAN di Jakarta. TelkomGroup telah menyiapkan infrastruktur jaringan telekomunikasi dengan total kapasitas bandwidth 27,7 Gbps serta jalur yang beragam dan saling backup. Konferensi ini juga didukung 196 access point dan 7 Satellite News Gathering (SNG). Sementara untuk venue utama KTT ASEAN 2023 sendiri telah dilengkapi dengan infrastruktur jaringan berkapasitas maksimal 100 Gbps.

Keseluruhan layanan ini kata Herlan akan didukung oleh 242 personel baik di posko, area konferensi hingga lapangan untuk memastikan kualitas layanan tetap prima selama kegiatan berlangsung. 

"Setidaknya ada delapan posko, baik pusat, regional hingga anak perusahaan yang akan melakukan pengawalan dan pengamanan kualitas layanan secara berkala. Layanan tak hanya diversity pada jalur komunikasi, layanan TelkomGroup juga dilengkapi dengan Next Generation Firewall untuk mengantisipasi adanya serangan siber," ujar Herlan.

Baca juga : ESDM Libatkan Anak Muda Dalam Pengembangan Energi Bersih Di ASEAN

Sementara itu, Telkomsel selaku anak usaha Telkom juga telah melakukan optimalisasi kapasitas dan kualitas jaringan di lebih dari 2.590 BTS broadband, termasuk tambahan 149 BTS 4G/LTE dan mengoperasikan 5 Compact Mobile BTS (COMBAT) guna mengantisipasi potensi lonjakan trafik komunikasi yang tinggi di sejumlah area, seperti area penginapan, seluruh lokasi rangkaian kegiatan KTT ke-43 ASEAN, titik-titik transit transportasi seperti bandara hingga destinasi wisata. 

Selain itu, Telkomsel juga telah melakukan penambahan dan perluasan cakupan jaringan 5G dengan menggelar infrastruktur tambahan 7 BTS 5G yang telah menjangkau sejumlah titik gelaran kegiatan KTT ke-43 ASEAN guna menghadirkan akses jaringan broadband berteknologi terkini yang dapat memberikan pengalaman aktivitas digital yang prima bagi seluruh delegasi.

“KTT ke-43 ASEAN adalah event internasional yang sangat penting dan strategis. Untuk itu TelkomGroup siap hadirkan infrastruktur dan layanan ICT terbaik karena ini tidak hanya menyangkut reputasi perusahaan, tapi mempertaruhkan nama baik Indonesia di mata dunia, khususnya negara-negara ASEAN. Untuk itu, mari kita perlihatkan kualitas terbaik dari infrastruktur telekomunikasi Indonesia melalui sukses penyelenggaraan event ini,”katanya .

Baca juga : AICEE, Bentuk Kolaborasi Atasi Tantangan Energi di Kawasan ASEAN

Menurutnya, ini bukan kali pertama Telkom turut serta dalam mendukung penyelenggaraan event internasional kenegaraan. Adapun untuk konferensi ASEAN, sebelumnya Telkom juga  menyediakan infrastruktur dan layanan pada KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo yang berlangsung sukses tanpa kendala yang berarti.

Selain venue utama konferensi, Telkom juga mendukung penyediaan infratruktur dan layanan telekomunikasi di area-area vital seperti bandara, hotel delegasi, dan media center. Telkom juga menyediakan layanan command center untuk Pasukan Pengamanan Presiden, Polisi, dan TNI.

“Dengan kesiapan infrastruktur serta operasional dari sisi people, process, dan tools yang dimiliki, mari bersama-sama kita sukseskan event KTT ke-43 ASEAN.
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.