Dark/Light Mode

Airlangga Dorong Digitalisasi Industri Konstruksi

Rabu, 1 November 2023 17:13 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pembangunan infrastruktur yang masif dan merata menjadi salah satu modal utama Indonesia untuk bisa keluar dari middle income trap, sekaligus memberikan multiplier effect dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. 

Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyebut, pembangunan infrastruktur dalam pelaksanaannya harus berkelanjutan dengan memperhatikan daya dukung Sumber Daya Alam (SDA), kerentanan bencana, dan kesejahteraan masyarakat di sekitarnya. Hal tersebut bisa terwujud tidak hanya dengan penerapan berbagai teknologi ramah lingkungan, tapi juga dengan efisiensi penggunaan sumber daya, penciptaan inovasi, dan pelibatan masyarakat setempat dalam berbagai proses konstruksi. 

"Kondisi tersebut menuntut adanya transformasi proses konstruksi tradisional menjadi proses modern dengan sentuhan teknologi digital pada setiap bagian proses konstruksi,” kata Airlangga dalam acara Opening Ceremony Konstruksi Indonesia 2023 di Jakarta, Rabu (1/11).

Baca juga : Hadirkan Konten Digital Berkualitas, Indosat HiFi Jalin Kerja Sama Dengan CATCHPLAY+

Apabila dibandingkan dengan sektor perbankan maupun sejumlah sektor lainnya, sektor konstruksi merupakan salah satu sektor yang belum banyak mengadopsi teknologi digital. Industri konstruksi dalam sepuluh tahun terakhir masih sangat bergantung pada model bisnis yang lama atau berusia puluhan tahun.

“Sehingga, kita harus mulai mengadopsi dan membiasakan digitalisasi pada perencanaan, pengelolaan, dan pelaksanaan, serta pengambilan keputusan yang lebih berbasis data,” ujar Airlangga.

Ia melanjutkan, untuk mewujudkan pembangunan infrastruktur berkelanjutan berbasis transformasi digital, terdapat beberapa prasyarat yang harus dipenuhi, di antaranya yakni pola pikir kolaboratif, visi dan misi kepemimpinan dalam bidang digital, kebijakan yang mudah diimplementasikan, serta sumber daya manusia (SDM) andal.

Baca juga : Pemerintah Selesaikan Revitalisasi Pasar Pon Trenggalek

Indonesia, kata Airlangga, memiliki jumlah SDM yang besar dan sedang masuk dalam periode bonus demografi.  Kesempatan yang hanya datang sekali dalam peradaban sebuah bangsa ini harus dimanfaatkan sebaik mungkin dengan menyiapkan generasi muda yang memiliki keahlian tinggi agar bisa memenuhi kebutuhan di sektor konstruksi yang berbasis digital dan berkelanjutan.

“Indonesia terus membangun dengan menyiapkan standar tinggi,” tegas Airlangga.

Mengangkat tema “Akselerasi Transformasi Digital Sektor Konstruksi untuk Mewujudkan Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan”, event Konstruksi Indonesia 2023 yang sudah terselenggara sejak 2003 diharapkan bisa menghadirkan interkoneksi antara industri material, peralatan, dan teknologi konstruksi dengan sektor jasa konstruksi, yang secara keseluruhan akan menjadi pilar utama pembangunan infrastruktur berkelanjutan berbasis teknologi digital.

Baca juga : ACE-YS Dorong Indonesia Merajai Industri Kreatif Di Kancah Regional

“Saya harapkan Konstruksi Indonesia 2023 dapat menjadi ajang pertemuan antara Pemerintah, pelaku bisnis dan industri jasa konstruksi, material dan peralatan konstruksi, akademisi, serta masyarakat sebagai pengguna akhir. Manfaatkan acara kali ini untuk saling berinteraksi dan bertukar gagasan guna menghasilkan konstruksi yang lebih efisien, inovatif, dan tahan terhadap bencana alam,” pungkas Airlangga. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.