Dark/Light Mode

Jokowi Dan Astra Groundbreaking Revitalisasi SDN 020 Sepaku Di IKN

Rabu, 1 November 2023 22:00 WIB
Presiden Jokowi groundbreaking revitalisasi SDN 020 Sepaku di IKN. (Foto: Ist)
Presiden Jokowi groundbreaking revitalisasi SDN 020 Sepaku di IKN. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR) pada melakukan groundbreaking revitalisasi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 020 Sepaku, di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Revitalisasi tersebut merupakan bagian dari rangkaian pembangunan sarana dan prasarana publik, area komersial, dan Infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) melalui kolaborasi multi pihak antara Pemerintah Pusat, Badan Otorita IKN, Pemerintah Daerah, dan masyarakat setempat.

Acara groundbreaking SDN 020 Sepaku, turut dihadiri oleh Presiden Jokowi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono, Pj Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, Direktur Astra Gita Tiffani Boer, dan Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim.

Baca juga : Relawan Kajol Dukung Ganjar Bantu Warga Kuningan Revitalisasi Tempat Olahraga 

“Saya senang bahwa rehabilitasi SDN 020 Sepaku nantinya akan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang baik. Saya ucapkan terima kasih kepada Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim semoga ini jadi bermanfaat bagi masyarakat kita,” ujar Jokowi.

Direktur Astra, Gita Tiffani Boer berharap, pasca revitalisasi, SDN 020 Sepaku dapat menjadi sekolah yang unggul, cerdas, dan berkelanjutan, dan dapat menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah lainnya. “Sehingga mengakselerasi ekosistem pendidikan sekolah dasar yang berkualitas di Ibu Kota Nusantara,” ujarnya. 

Revitalisasi SDN 020 Sepaku, dirancang untuk memberikan lingkungan pembelajaran kelas yang dilengkapi oleh teknologi terkini yang hemat energi, dan fasilitas yang mendorong perkembangan holistik dan keunggulan akademik.

Baca juga : Jokowi Abstain, Groundbreaking LRT Fase 1B Dilakukan Menhub Dan Heru

Konsep tersebut mencakup ruang terbuka hijau, dan dilengkapi dengan laboratorium ilmu pengetahuan, laboratorium komputer, perpustakaan digital, serta fasilitas olahraga untuk mendukung perkembangan fisik dan intelektual para siswa. Di sisi lain, rancangan atap gedung sekolah mengadopsi dari bentuk Rumah Adat Lamin, yang merupakan rumah khas Kalimantan Timur.

"Pembangunan SDN 020 Sepaku menjadi cermin dari dedikasi kami terhadap peningkatan sektor pendidikan di Indonesia, terutama dalam menjaga keamanan siswa dari banjir yang sebelumnya melanda sekolah binaan kami ini. Kami bangga menjadi bagian dari proyek ini yang bertujuan untuk menciptakan ekosistem belajar yang produktif bagi anak-anak kita dan generasi mendatang," ujar Ketua Pengurus YPA-MDR Gunawan Salim.

Astra melalui YPA-MDR melaksanakan pembinaan terhadap SDN 020 Sepaku yang meliputi pembinaan karakter, akademik, kecakapan hidup dan seni budaya, yang diterapkan melalui pelatihan dan pendampingan yang berkolaborasi dengan berbagai lembaga akademik berkualitas sebagai narasumber. Fokus utama pembinaan adalah untuk meningkatkan kompetensi profesional para guru sebagai pengajar dan pendidik.

Baca juga : Gandeng Asparindo, BNI Dukung Digitalisasi Pasar Melalui Agen46

Selain pembinaan untuk SDN 020 Sepaku, YPA-MDR telah melakukan pembinaan serupa di 14 sekolah di IKN Nusantara sejak Juli 2023. Sehingga secara keseluruhan, hingga saat ini YPA-MDR telah memiliki 136 sekolah binaan untuk wilayah Kalimantan Timur.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.