Dark/Light Mode

ABM Investama Kembali Raih Predikat Leadership AAA Di ESG DT Awards 2023

Kamis, 30 November 2023 16:58 WIB
ABM Investama Tbk kembali dianugerahi predikat Leadership AAA dalam ESG Disclosure Transparency Awards 2023. (Foto: Ilustrasi ABM Investama)
ABM Investama Tbk kembali dianugerahi predikat Leadership AAA dalam ESG Disclosure Transparency Awards 2023. (Foto: Ilustrasi ABM Investama)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT ABM Investama Tbk kembali dianugerahi predikat Leadership AAA dalam ESG Disclosure Transparency Awards 2023 yang digelar di Jakarta, Rabu (29/11/2023) malam.

Ini merupakan tahun ketiga perusahaan meraih predikat tersebut karena konsisten mengimplementasikan Good Corporate Governance (GCG) terutama dalam hal Environment, Social, & Governance (ESG) melalui melalui Laporan Keberlanjutan (Sustainability Report) yang terbuka untuk publik.

Penghargaan tersebut sekaligus menjadi tolak ukur dari komitmen dan langkah korporasi dalam mempraktikkan ESG di unit bisnisnya.

Baca juga : Direktur Utama Patra Jasa Raih Penghargaan Di Ajang ACES Awards

Hal ini juga menjadi upaya dalam membantu pemerintah menuju Indonesia Net Zero Emission (NZE).

“Penerbitan Laporan Berkelanjutan (Sustainability Report) membantu kami untuk mengukur capaian-capain Perusahaan, terutama dari perspektif ESG," ujar Direktur Utama PT ABM Investama Tbk (ABMM) Andi Djajanegara dalam keterangannya, Rabu (29/11/2023).

Menurutnya, pelaporan ini juga menjadi kompas agar kami senantiasa selaras dan dapat berkontribusi pada upaya Pemerintah dalam menurunkan emisi gas rumah kaca secara nasional.

Baca juga : PLN IP Perusahaan Energi Pertama Raih Predikat Great Place to Work 2023

Melalui inisiatif ini, sambung Andi, perusahaan berupaya untuk meyakinkan stakeholder bahwa praktik ESG guna meningkatkan daya tahan ekosistem bisnis Grup ABM dalam menghadapi risiko perubahan iklim dan geopolitik global.

Sebagai perusahaan investasi energi terintegrasi, perusahaan telah mengembangkan bisnis pembangkit listrik energi baru dan terbarukan tenaga biogas yang memanfaatkan limbah cangkang kelapa sawit sebagai salah satu inisiatif adaptasi perubahan iklim.

Pembangkit listrik ini secara konsisten sejak 2020 telah menyuplai energi bersih ke jalur elektrifikasi nasional jaringan Kalimantan Selatan - Tengah yang dikelola oleh PT PLN (Persero).

Baca juga : Bayar Pajak Terbesar, Pertamina Hulu Rokan Raih Penghargaan Tax Award 2023

Di aspek sosial, Perusahaan secara konsisten mengelola program-program pemberdayaan masyarakat yang tepat guna.

Di antaranya pembentukan Kelompok Tani Hutan untuk merehabilitasi Daerah Aliran Sungai (Rehabilitasi DAS); program anti tengkes balita (anti stunting); serta konservasi bakau (mangrove) berbasis masyarakat pesisir.

“Program-program ini menjadi bukti nyata bahwa pada dasarnya Perusahaan yang sejalan dengan misi perusahaan untuk menciptakan lapangan kerja berkualitas bagi rakyat Indonesia," pungkas Andi.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.