Dark/Light Mode

Bendungan Mbay Bakal Kelar Akhir 2024

Jokowi Optimistis, Produksi Beras Di Nagekeo Bisa Naik 2,5 Kali Lipat

Selasa, 5 Desember 2023 12:00 WIB
Presiden Jokowi (kedua kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) saat meninjau progress pembangunan Bendungan Mbay di Kabupaten Nagekeo, NTT, Selasa (5/12/2023). (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi (kedua kiri) dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) saat meninjau progress pembangunan Bendungan Mbay di Kabupaten Nagekeo, NTT, Selasa (5/12/2023). (Foto: Setkab)

RM.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi optimistis, produksi beras di Kabupaten Nagekeo, Nusa Tenggara Timur (NTT) meningkat hingga 2,5 lipat setelah Bendungan Mbay kelar dibangun.

“Yang kita harapkan, dengan selesainya Bendungan Mbay, produksi beras di Kabupaten Nagekeo bisa meningkat sampai 250 persen. Peningkatannya bisa 2,5 kali lipat,” kata Jokowi saat meninjau progres pembangunan Bendungan Mbay di Kabupaten Nagekeo, NTT, Selasa (5/12/2023).

Baca juga : Tinjau Panen Raya Di Indramayu, Presiden Jokowi Pastikan Produksi Padi Baik

Jokowi menuturkan, pembangunan bendungan plus irigasinya, merupakan salah satu langkah pemerintah, dalam mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Pembangunan Bendungan Mbay yang telah dimulai sejak akhir tahun 2021, ditargetkan selesai pada akhir tahun 2024.

Baca juga : Jokowi Bisikin Ganjar: Habis Dilantik, Besoknya Harus Urus Kedaulatan Pangan

“Bendungan ini bisa menampung 51 juta meter kubik air, dan nantinya akan mengairi kira-kira 4.200 hektare, plus pengembangannya 1.900 hektare,” papar Jokowi, yang dalam kesempatan tersebut Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi, Pj. Gubernur NTT Ayodhia Kalake, dan Bupati Nagekeo Johanes Don Bosco Do.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.