Dark/Light Mode

Gandeng Tokopedia, Omzet Perajin Perak WK Collection Naik 3,5 Kali Lipat

Selasa, 21 Juni 2022 21:12 WIB
Produk Aksesoris UMKM WK Collection asal Yogyakarta. (Foto: Merry Apriyani/RM)
Produk Aksesoris UMKM WK Collection asal Yogyakarta. (Foto: Merry Apriyani/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Perajin perak dan tembaga khas Yogyakarta, WK Collection meraup kenaikan omzet mencapai tiga kali lipat saat pandemi. Perseroan memanfaatkan platform digital dalam penjualan produknya.

Menurut pemilik WK Collection Wijayanto, selama 2021, penjualan usaha penjualan aksesorisnya di Tokopedia naik 3,5 kali lipat dibandingkan 2020. "Saat pandemi saya harus menutup salah satu toko offline. Dan mulai fokus dengan penjualan secara digital di Tokopedia," ungkap Wijayanto dalam acara Media Workshop Tokopedia di Yogyakarta, seperti ditulis Selasa (21/6).

Pasalnya, adanya e-commerce yang identik dengan warna hijau itu, Wijayanto merasa terbantu. Bukan hanya dari sisi penjualan tapi juga skill dan ilmu marketing. "Karena UMKM diajarkan juga teknik digital marketingnya, lalu cara customer handling, sampai ke detil seperti foto produk," tambah dia.

Baca juga : Top, Laba Pertamina Naik Dua Kali Lipat

UMKM yang kini menjangkau sekitar 20-an pekerja itu menjadikan penjualan lewat e-commerce khususnya Tokopedia sebagai salah satu kanal penjualan utamanya.

Bagi Wijayanto, penjualan secara digital memberikan solusi terhadap usahanya terlebih saat pandemi. Wijayanto tak terpaku pada penjualan offline yang lesu, tapi melalui e-commerce produknya bisa meluas hingga ujung Indonesia.

Wijayanto kini fokus pada desain dan inovasi produknya. Dia juga bercerita produk yang kini diminati di antaranya, bros, kalung dan anting dengan desain floral dan etnik, dari bunga, motif daun, kupu-kupu hingga capung dan wayang.

Baca juga : Permintaan Kendaraan Listrik Electrum Di Gojek Naik 2 Kali Lipat

Lewat inisiatif Hyperlocal, Tokopedia gencar mendekatkan UMKM lokal, termasuk di Yogyakarta, dengan pembeli setempat agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh.

“Jumlah pembeli di Yogyakarta misalnya, mengalami kenaikan hampir dua kali lipat dibanding periode yang sama tahun lalu,” ungkap Regional External Communications Senior Lead Tokopedia Rizky Juanita Azuz.

Di sisi lain, terdapat beberapa daerah dengan peningkatan jumlah penjual di Yogyakarta paling tinggi selama kuartal I 2022 dibandingkan kuartal I 2021, yaitu di Kecamatan Jetis, Dlingo, Minggir, Seyegan dan Turi. MER

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.