Dark/Light Mode

Kepala BPIP Minta Para Guru Segera Ajarkan BTU Pendidikan Pancasila

Jumat, 22 Desember 2023 20:02 WIB
Kepala BPIP, Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)
Kepala BPIP, Yudian Wahyudi. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Yudian Wahyudi mengimbau, kepada satuan pendidikan mulai dari Sekolah Dasar (SD)/sederajat sampai Perguruan Tinggi untuk mengajarkan Buku Teks Utama (BTU) Pendidikan Pancasila.

"BTU ini merupakan salah satu alat bantu proses pembelajaran pendidikan Pancasila agar segera diketahui dan dipahami terutama oleh para guru," kata Yudian, saat memberikan sambutan dalam Seminar Pancasila, di Menara Kompas, Jakarta, Selasa (19/12).

Baca juga : STY Andalkan 7 Pemain Naturalisasi Dan 4 Pemain Abroad

Menurut Yudian, para guru merupakan yang bertanggungjawab dalam Pendidikan Pancasila dan bagaimana proses internalisasi Pancasila yang dinamis kepada peserta didik. Ia juga mengingatkan  pentingnya segera melakukan transformasi pendidikan Pancasila sesuai dengan kurikulum yang berlaku.

"Saya sangat berharap kepada Kemendikbudristek dapat segera menyiapkan dan menyelenggarakan kegiatan upgrading bagi para guru khususnya guru Pancasila," tegasnya.

Baca juga : Penguatan Karakter Generasi Muda Melalui Pendidikan Pancasila

Tidak hanya Kemendikbudristek, Yudian juga menekankan kepada Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri untuk melakukan hal serupa kepada satuan Pendidikan Agama dan Kepala Daerah.

“Upaya transformasi Pendidikan Pancasila merupakan kerja besar dan tidak bisa hanya dilakukan sendiri oleh BPIP, melainkan harus bergotong royong dan kolaborasi setiap elemen," paparnya.

Baca juga : BPIP Ajak Generasi Milenial Mainkan Permainan Tradisional

Buku yang sudah ditetapkan oleh Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini, mendapatkan apresiasi dari para narasumber, baik dari Kemendikbud Ristek, Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri. Mereka mendukung dan memastikan BTU tersebut diupayakan untuk segera di realisasikan sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir sebagai narasumber Anggota Dewan Pengarah BPIP Prof Amin Abdullah; ikut mendampingi Sekretaris Ketua Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya, Wakil Kepala BPIP  Rima Agristina, Anggota Dewan Pakar BPIP Ermaya Suradinata, dan Sekretaris Utama BPIP Tonny Agung Arifianto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.