Dark/Light Mode

Penguatan Karakter Generasi Muda Melalui Pendidikan Pancasila

Kamis, 21 Desember 2023 06:22 WIB
Prof. Dr. Ermaya Suradinata
Prof. Dr. Ermaya Suradinata

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila mengadakan Seminar Pancasila di Kompas TV, 19 Desember 2023, mempertegas bahwa Pendidikan Pancasila harus ditanamkan terlebih dahulu pengertian karakter seba­gai seperangkat nilai, sikap, dan perilaku yang membentuk inti kepribadian seseorang. Ini mencakup prinsip-prinsip moral, etika, integritas, tanggung ­jawab, kejujuran, serta kemampuan untuk beradaptasi dan bekerja sama dengan orang lain. Lebih dari sekadar sifat-sifat fisik atau kecerdasan intelektual, karakter melibatkan dimensi emosional dan moral yang memandu individu dalam membuat keputusan dan bertindak.

Pentingnya karakter yang baik dalam konteks personal maupun sosial tidak dapat diabaikan. Karakter yang baik membantu individu untuk menjalani kehi­dupan yang bermakna dan berhasil. Secara pribadi, karakter yang baik memberikan dasar moral yang kuat, membimbing individu dalam membuat keputusan yang tepat, dan membantu mereka mengatasi rintangan dan kegagalan dengan integritas.

Baca juga : Etika Pemerintahan Melibatkan Nilai-nilai Pancasila

Dengan begitu karakter memegang peranan sentral dalam membentuk kepribadian sese­orang. Tambahan ini menyangkut generasi muda, di mana mereka sebagai pondasi masa depan bangsa, yang tentu saja menjadi fokus utama pembinaan karakter. Dalam upaya ini, maka peran pendidikan dan nilai-nilai Pancasila tidak dapat diabaikan.

Pendidikan –sebagai wadah utama— memberikan pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai dasar dalam menghadapi kehidupan. Lalu dengan Panca­sila berperan kunci, maka turut membentuk karakter ini berlandaskan pada nilai-nilai luhur. Salah satu nilai Pancasila yang esensial adalah gotong royong, mencerminkan semangat bekerja sama dan peduli terhadap kepentingan bersama. Pendekatan ini membina karakter generasi muda agar tidak hanya memen­tingkan diri sendiri, melainkan juga memiliki rasa tanggung jawab terhadap masyarakat.

Baca juga : Kepemimpinan Geopolitik Indonesia Berbasis Pancasila

Nilai-nilai keadilan, persatuan, dan demokrasi dalam Pancasila menjadi dasar bagi karakter inklusif dan toleran, mengajarkan generasi muda ­untuk menghargai perbedaan dan berkontribusi dalam mem­bangun masyarakat yang bersatu. Pembentukan ka­rakter generasi muda tidak hanya merupakan inti perjalanan menuju masa depan bangsa yang berkelanjutan, tetapi juga investasi jangka panjang.

Pendidikan Pancasila, sebagai fondasi utama, menjadi instrumen penting dalam membina karakter yang kokoh. Dengan memasukkan nilai-nilai luhur Pancasila, hal ini mengarahkan generasi muda menuju puncak keberhasilan di ber­bagai aspek kehidupan. Maka penguatan karakter generasi muda melalui pendidikan Pancasila bukan hanya pencitraan diri, melain­kan fondasi bagi terbentuknya ma­sya­rakat yang berdaya dan har­monis.

Baca juga : SIM Keliling Kabupaten Bogor Senin 11 Desember, Hadir Di Pospol Gadog

Dari itu bilamana ketidakpahaman generasi muda terhadap nilai-nilai Pancasila, justru terabaikan maka muncul risiko mengerikan di mana hal ini dapat mengakibatkan ketidakseim­bangan dalam pembentukan karak­ter. Tanpa panduan yang jelas melalui buku-buku Pendidikan Pancasila, gene­rasi muda bakal mengalami kebingungan dalam memahami dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini dapat berujung pada kemerosotan moral, sehingga kurangnya rasa tanggung jawab terhadap masyarakat, lantas mengancam kohesivitas sosial.

Untuk mengatasi risiko-risiko tersebut, solusi yang diperlukan adalah peningkatan akses dan penyebaran buku-buku Pendidikan Pancasila secara menyeluruh. Perlu dilakukan upaya untuk memastikan bahwa buku-buku ini mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat, baik melalui program pemerintah, peran aktif komunitas pendidikan, atau melalui platform digital.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.