Dark/Light Mode

BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Atlet Sepatu Roda di Ajang Internasional

Sabtu, 23 Desember 2023 19:02 WIB
Para atlet sepatu roda di ajang Jakarta Open International Championship 2023 menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan. (Foto: Istimewa)
Para atlet sepatu roda di ajang Jakarta Open International Championship 2023 menerima kartu BPJS Ketenagakerjaan. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seluruh atlet sepatu roda dan official dalam event Jakarta Open International Championship 2023 terdaftar sebagai peserta program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek). Perlombaan tersebut berlangsung 21-23 November 2023, di Jakarta International Roller Track Arena (JIRTA), Sunter, Jakarta Utara.

Para peserta lomba berasal dari seluruh Indonesia dan dari negara Asia, separti India, Malaysia, Singapura, Hongkong, Maldives. Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Kelapa Gading Ivan Sahat H Pandjaitan mengatakan, pihaknya mendaftarkan 895 peserta dalam perlombaan sepatu roda tingkat internasional tersebut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Para peserta yang terdaftar hanya atlet warga negara Indonesia saja, tidak termasuk atlet luar negeri. 

”Yang kami daftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan mulai atlet usia enam tahun sampai atlet dewasa usia 24 tahun,” ujar Ivan.

Baca juga : Program BPJS Ketenagakerjaan Lindungi Seluruh Atlet SH Terate Cup I

Menurut Ivan, para atlet dan official sepatu roda dalam event internasional tersebut terdaftar dalam dua program perlindungan dasar. Yaitu, program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). ”Dengan terdaftarnya para atlet sepatu roda menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, secara otomatis mereka terlindungi dengan manfaat kedua program tadi,” ujar Ivan.

Dicontohkan, jika atlet mengalami cedera ringan hingga berat dalam perlombaan maka mendapat jaminan pemulihan sampai sembuh tanpa batas atas pembiayaan atau plafon. ”Semua kebutuhan medis untuk pemulihan atlet yang cedera menjadi tanggungan BPJS Ketenagakerjaan berapa pun biayanya dan berapa pun lama perawatan tak ada batas atau unlimited,” ungkap Ivan.

Dia berharap khususnya untuk para atlet nasional sepatu roda yang sudah terdaftar kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, dapat meneruskan iuran setiap bulan secara mandiri. Tujuannya agar kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan selalu aktif sehingga dapat melindungi atlet sepatu roda kapan saja dan di mana saja.

Baca juga : Kunjungi Kampus-kampus di Korsel, UNSIKA Perluas Jaringan Internasional

”Sehingga perlindungannya tidak putus saat berlangsungnya even perlombaan saja. Selama kepesertaan aktif, manfaat BPJS Ketenagakerjaan terus melindungi atlet ketika latihan, bahkan ketika perjalanan berangkat dan perjalanan pulang dari tempat latihan,” ungkap Ivan.

Tidak hanya itu, menurut Ivan, para atlet juga dapat menabung untuk kesejahteraan di masa depan. Caranya, dengan menambah ke program Jaminan Hari Tua (JHT).

”Jangan bayangkan iurannya mahal. Iuran BPJS Ketenagakerjaan cukup Rp 16.800 untuk dua program JKK dan JKM dan kalau dengan JHT cukup Rp 36.800 per bulan. Kalau ingin nabung lebih banyak, tinggal update kepesertaan dengan menyesuaikan level iuran di atasnya sesuai kemampuan,” terang Ivan.

Baca juga : KSPSI Resmi Jadi Anggota Konfederasi Buruh Internasional

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga atau DKI Jakarta Andri Yansyah mengapresiasi upaya BPJS Ketenagakerjaan Kelapa Gading yang proaktif mengakuisisi kepesertaan program Jamsostek untuk seluruh atlet sepatu roda pada even Jakarta Open International Championship 2023. ”Upaya ini sangat menguntungkan untuk para atlet itu sendiri karena mereka sudah dijamin oleh negara jika terjadi risiko selama perlombaan berlangsung,” ungkap Andri. 

Menurut Andri, pihaknya akan terus menggandeng BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka memperluas perlindungan untuk para atlet di event-event perlombaan hingga ke klub-klub olahraga di DKI Jakarta.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.