Dark/Light Mode

KSPSI Resmi Jadi Anggota Konfederasi Buruh Internasional

Kamis, 14 Desember 2023 19:28 WIB
Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) resmi menjadi Anggota Konfederasi Buruh Se-Dunia atau International Trade Union Confederation (ITUC). (Foto: Dok. KSPSI)
Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) resmi menjadi Anggota Konfederasi Buruh Se-Dunia atau International Trade Union Confederation (ITUC). (Foto: Dok. KSPSI)

RM.id  Rakyat Merdeka - Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) pimpinan Andi Gani Nena Wea resmi menjadi Anggota Konfederasi Buruh Se-Dunia atau International Trade Union Confederation (ITUC).

Hal tersebut diputuskan dalam Sidang Umum ITUC yang dipimpin President ITUC Akiko Gono di Belgia, pada Kamis (14/12/2023).

Untuk diketahui, ITUC merupakan organisasi buruh terbesar di dunia dengan jumlah anggota mencapai ratusan juta seluruh dunia.

Baca juga : Ganjar-Mahfud Komitmen Hadirkan Internet Gratis Di Seluruh Indonesia

ITUC memberikan wadah bagi para pekerja di seluruh dunia dalam menyampaikan suara untuk menyikapi tantangan globalisasi seperti hak-hak pekerja, upah, dan lainnya.

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea mengaku sangat bersyukur atas diterimanya KSPSI menjadi anggota tetap ITUC.

"Dengan bergabung menjadi anggota ITUC tentu akan memperkuat perjuangan buruh Indonesia. Isu-isu ketenagakerjaan yang selama ini diperjuangakan akan bisa didengar bukan hanya didalam negeri tapi juga luar negeri," kata Andi Gani di Jakarta, Kamis (14/12/2023).

Baca juga : PSSI Terus Genjot Kemampuan Pelatih Di Indonesia

Andi Gani menjelaskan, tergabung menjadi anggota ITUC membuat jaringan internasional KSPSI akan menjadi lebih kuat.

Karena, Andi Gani saat ini juga memimpin Konfederasi Buruh ASEAN atau ASEAN Trade Union Council (ATUC).

"Tentunya ini akan menjadi motivasi bagi KSPSI untuk terus memperjuangkan hak-hak buruh," ucapnya.

Baca juga : 6 Siswa SMP Wakili Indonesia di Ajang Olimpiade Sains Internasional Di Thailand

Sekedar informasi, KSPSI yang dikomandoi Andi Gani Nena Wea saat ini tercatat di Kementerian Ketenagakejaan sebagai konfederasi buruh terbesar di Indonesia dengan jutaan anggota yang tersebar di seluruh Tanah Air.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.