Dark/Light Mode

BPN Kabupaten Tangerang Satu-satunya Kantah Predikat WBK di Banten

Kamis, 7 Desember 2023 17:37 WIB
Kepala BPN Kabupaten Tangerang Joko Susanto. (Foto: Istimewa)
Kepala BPN Kabupaten Tangerang Joko Susanto. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Pertanahan (Kantah) atau Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Tangerang menjadi satu-satunya Kantah di jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) BPN Banten tahun ini yang berhasil meraih predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Penyerahan penghargaan bergengsi itu dilakukan MenpanRB Abdullah Azwar Anas kepada Kepala BPN Kabupaten Tangerang Joko Susanto, dalam acara di Bali Nusa Dua Convention Centre, Rabu malam (6/12). Bersama enam Satuan Kerja (Satker) lainnya dari Kementerian Agraria Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) lainnya se Indonesia, BPN Kabupaten Tangerang berhasil mendapat predikat Menuju WBK.

Menurut Joko Susanto, raihan prestasi ini sejalan dengan program yang dicanangkan Menteri ATR/Kepala BPN Hadi Tjahjanto, yakni mewujudkan instansi yang bersih dan akuntabel serta dapat memberikan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat.

Baca juga : BPJS Kesehatan Tanamkan Budaya Anti Korupsi Dalam Program JKN

“Kami termotivasi untuk menunjukkan bahwa BPN Kabupaten Tangerang mampu melakukannya,” terang mantan Kepala BPN Kabupaten Subang, Jawa Barat, Kamis (7/12).

Joko menjelaskan, strategi meraih predikat tersebut, yaitu di awal BPN Kabupaten Tangerang sudah mencanangkan Zona Integritas (ZI). Reformasi birokrasi dilakukan di enam area, yaitu Manajemen Perubahan, Penataan Tata Laksana, Penataan Sistem Manajemen SDM, Penguatan Akuntabilitas, Penguatan pengawasan, dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Pelaksanaannya melalui pendampingan dari Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian ATR/BPN dan Kanwil BPN Banten.

“Kami tentu senang atas capaian ini. Terlebih dampaknya adalah masyarakat akan lebih mudah mendapatkan pelayanan di Kantor BPN Kabupaten Tangerang yang lebih berkualitas,” ucap Joko.

Baca juga : Nick Kuipers Siap Jaga Kesucian Persib Bandung

Joko merasa bangga dan bersyukur atas raihan yang dicapai oleh jajarannya tersebut. Pasalnya, untuk memperoleh predikat Menuju WBK bukan hal mudah. Selain membutuhkan kesiapan dan komitmen yang tinggi, penilaiannya pun sangat rinci.

Setelah meraih predikat Menuju WBK, BPN Kabupaten Tangerang kini bersiap menuju predikat selanjutnya yakni Menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Predikat ini disematkan kepada unit kerja atau instansi yang berhasil membangun penguatan kualitas pelayanan publik dalam kondisi yang sepenuhnya bebas dari korupsi.

“Alhamdulilah Finally Menuju WBK! Setelah perjuangan panjang, sejarah kembali tercatat di Kabupaten Tangerang,” kata Joko.

Baca juga : Cuaca Hari Ini Di Tangerang Hujan Atau Panas? Yuk Cek Prakiraan BMKG Di Sini

"Penghargaan ini saya persembahkan untuk Pengguna Layanan Kantor Pertanahan Kabupaten Tangerang atas dukungan dan kerja sama yang luar biasa ini, hingga pada akhirnya nanti dapat terwujudnya layanan yang prima dan berstandar dunia,” tandas Joko.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.