Dark/Light Mode

Toyota Calya, Mobil Keluarga Yang Sempurna

Minggu, 20 Oktober 2019 08:37 WIB
Toyota New Calya. (Foto: TAM)
Toyota New Calya. (Foto: TAM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Setiap negara punya kebutuhan yang unik dan spesifik terhadap sebuah produk otomotif. Semua dilatar belakangi oleh faktor budaya dan kebiasaan yang dianut oleh masyarakat itu sendiri. Seperti keluarga Indonesia yang mengidamkan mobil yang sanggup membawa seluruh anggota keluarga ketika berlibur atau mudik Lebaran.

Bermodalkan filosofi genchi genbutsu, Toyota berusaha untuk memahami kebutuhan tersebut. Termasuk kebutuhan masyarakat untuk memiliki mobil yang dapat digunakan di segala medan, Toyota melihat model Multi-Purpose Vehicle (MPV) merupakan pilihan moda paling pas untuk dikembangkan di Indonesia. Setelah Kijang, Toyota mengembangkan Avanza dan Calya.

Pecinta Toyota mendapatkan pilihan Toyota Avanza di tahun 2003. MPV sejuta umat ini masuk dengan tawaran produk yang terbilang komplit untuk memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia. Setelahnya, Toyota berusaha memperluas cakupan konsumen dengan menelurkan model MPV baru di Indonesia. Bidikan segmennya yaitu keluarga baru yang ingin memiliki mobil dengan harga terjangkau, namun sarat value sebagai signature Toyota, dan lahirlah Toyota Calya di tahun 2016.

Entry buyer yang tidak mau kehilangan nilai dari sebuah MPV yang sesuai dengan geografis, karakter, budaya, dan kearifan lokal masyarakat menyukai sajian MPV kompak ini.

Kata Calya diambil dari bahasa sansekerta yang berarti sempurna. Keberadaan Calya juga melengkapi line-up produk MPV Toyota di Indonesia, mulai dari Low MPV oleh Avanza dan Sienta, Medium MPV diwakili Kijang Innova, High MPV oleh Voxy, serta Luxury MPV diwakili duo Alphard dan Vellfire.

Baca juga : Toyota New Calya, Makin Gaya, Tangguh, Dan Nyaman

Mesin Kompak

Pengguna kendaraan zaman now di segmen entry khususnya entry MPV, menginginkan produk yang simpel, praktis, namun tetap dapat mengakomodasi segala kebutuhan. Pada Calya, pengemudi akan terpuaskan oleh performa unit berkode 3NR-VE 1.197 cc 4 silinder bertenaga 88 PS pada 6.000 rpm dan torsi 11 kgm pada 4.200 rpm. Aplikasi mesin 4 silinder menjanjikan aliran tenaga yang halus dan minim vibrasi via opsi transmisi manual 5-speed atau otomatis 4-speed.

Mesin Calya yang kompak dan advance dilengkapi teknologi Dual VVT-i terasa memadai untuk dipakai di perkotaan dan diajak touring ke luar kota, bahkan menelusuri jalan pegunungan sekalipun. Pengguna Calya juga akan tersenyum gembira lantaran Calya efisien dalam penggunaan bahan bakar.

Kabin Lega dan Nyaman

Sebagai bentuk kearifan lokal, pemilik mobil keluarga di Indonesia punya syarat utama yakni daya angkut maksimal meski setiap hari hanya diisi 2 orang sekalipun. Karena posturnya kompak, penggunaan sasis monokok membuat lantai Calya dapat dibuat serendah dan serata mungkin. Tidak hanya itu, aplikasi mesin gerak roda depan membuat ruang mesin dapat dibuat sekompak mungkin sehingga porsi kabin bisa diperluas.

Baca juga : Ekspor Moncer, Toyota Sabet Lagi Penghargaan Primaniyarta

Sinergi beberapa aspek teknis itu membuat 7 orang dapat duduk dengan nyaman di dalam kabin Calya. Bahkan penumpang di bangku baris ketiga sekalipun dapat duduk dengan nyaman berkat bubble head lining di atap. Guna menjaga kenyamanan, bangku tengah dapat dimaju-mundurkan untuk mendapatkan ruang kaki yang pas. Penumpang belakang dapat naik dengan mudah dengan adanya fitur one touch tumble untuk melipat bangku tengah.

Semua didapat tanpa mengurangi porsi bagasi, bahkan penumpang dapat melipat bangku belakang ke depan jika dibutuhkan volume bagasi lebih luas.

Tidak hanya itu kejutan pada kabin Calya, karena MPV ini terasa nyaman dan membuai di jalan. Pengemudi tidak akan kesulitan melahap segala kondisi jalan. Pun ketika diisi penumpang dan barang penuh saat diajak pemiliknya berlibur atau mudik Lebaran.

Fitur Lengkap di Kelasnya

Problem klasik mengendarai mobil keluarga di Indonesia adalah suhu udara yang tinggi di siang hari. Semakin menyulitkan ketika seluruh baris bangku diduduki penumpang dan dalam kondisi jalan macet. Solusinya, Toyota Calya memiliki fitur rear air circulator yang membuat penumpang paling belakang sekalipun dapat memperoleh udara sejuk AC dari kabin depan.

Baca juga : Soal Pajak, Xabi Alonso Kekeuh Nggak Salah

Bermodalkan postur tubuh dan mesin kompak, pengguna Calya juga tidak akan merasa kesulitan saat parkir di kawasan mal atau rumah dengan garasi terbatas berkat fitur modern Electronic Power Steering (EPS) dan sensor parkir. Sementara fitur power outlet untuk charger ponsel di baris bangku tengah memastikan penumpang dapat terus terhubung dengan gadget.

Dari sisi safety, penumpang akan dilindungi oleh sabuk keselamatan 3 titik di seluruh bangku, dual airbags, dan rem ABS + EBD. Untuk pengaman dari pencurian, remote kunci dilengkapi immobilizer. Termasuk keberadaan stabilizer bar di sistem suspensi yang membuat mobil keluarga ini tidak kehilangan unsur fun to drive.

New Toyota Calya 2019

Kendaraan zaman now harus memiliki tampang yang memikat di jalan. Ini dibuktikan oleh Calya dengan penampilan yang agresif dan modern di depan. Sentuhan di belakang, lampu dengan L-shape terbalik menjadi trademark Toyota dalam mencitrakan mobil yang sporty. Masuk ke dalam, desain dasbor mengambil tema Multi-Layer Cockpit dengan ciri khas floating central dashboard. Kesan mewah ditorehkan oleh kombinasi kelir hitam dan coklat bercorak premium.

Waktu terus berjalan, kebutuhan dan tren juga berubah. Mengusung tagline Partner in Times, tahun ini Toyota Calya menyegarkan wajahnya dengan memberikan berbagai improvement agar selalu tampil up-to-date dan memenuhi kebutuhan keluarga Indonesia. Dengan semangat Ever Better Cars dan Let’s Go Beyond, pemilik dapat merasakan peningkatan value Calya yang tidak hanya dapat mendukung aktivitas keseharian, tapi juga menjadi partner di setiap momen bersama keluarga. [DIT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.