Dark/Light Mode

Lewat Inovasi Pertanian

Pertamina Patra Niaga Sukses Tingkatkan Kesejahteraan Warga Disabilitas

Rabu, 10 Januari 2024 10:32 WIB
Lewat Inovasi Pertanian Pertamina Patra Niaga Sukses Tingkatkan Kesejahteraan Warga Disabilitas

 Sebelumnya 
Implementasi program untuk peningkatan kelompok rentan melalui pelatihan pembibitan dan peternakan, pelatihan penggunaan alat inovasi biogas.

Adanya legalitas kelompok Pandawa Patra. Scalling dan ada enam kelompok yang sudah lakukan replikasi.

Keunggulan program setara dari sisi pertanian sudah berhasil melakukan pembibitan, okulasi tanaman untuk percepatan pertumbuhan dari 10 tahun menjadi 3 tahun.

program tersebut melakukan kebaruan untuk hidroponik yaitu pengembangan dilakukan untuk area denagn pasokan air terbatas atau daerah gersang.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Penuhi Konsumsi Energi Masyarakat Sepanjang Nataru

Biogas menggunakan limbah ternak untuk bahan bakar gas maupun listrik. Fast cooking produk sayuran siap masak pandawa patra sudah menerapkan aplikasi IoT utk memonitor tanaman.

Dan spah sistem yangmendapatkan apresiasi dari dinas pertanian. Perubahan sistemik program telah lahir perdes.

FT Boyolali melakukan investasi modal pengetahuan, modal individu, modal sosial, modal infrastruktur, modal budaya dan modal finansial, Rp 219 juta.

Program yang digagas PPN berhasil mendorong adanya perubahan sistemik berupa adanya system baru pertanian terpadu inklusi yang berwawasan lingkungan dan melahirkan Perdes terkait pengelolaan lingkungan.

Baca juga : Prabowo Tepis Serangan Personal dari Anies: Jangan Sesatkan Rakyat Karena Ambisi

“Kemudian mendapatkan manfaat senilai Rp 471 juta,” ujar Nur.

Sementara itu, Sudharto P Hadi, Ketua Dewan PROPER Kementerian LHK, mengungkapkan dengan menerapkan inovasi sosial perusahaan akan mendapatkan value, manfaat langsung, mungkin dalam bentuk pasokan bahan baku, mungkin dalam bentuk pengurangan limbah mungkin juga dalam bentuk volume produk.

“Karena volume produk digunakan dalam suatu suplemen untuk memproduksi sesuatu dalam konteks community development,” ujar Sudharto.

Dia menilai baik melalui eco inovasi maupun inovasi sosial perusahaan mendapatkan manfaat dalam bentuk efisiensi energi, penggunaan air, timbunan limbah, pengurangan emisi, dan manfaat dalam bentuk benefit yang bersifat natural secara langsung bersamaan dengan manfaat yang diperoleh oleh masyarakat.

Baca juga : Debat Capres 2024, Prabowo Tekankan Perbaikan Kesejahteraan TNI dan Polri

“Dengan demikian maka sesungguhnya dengan Proper akan diperoleh sinergi antara ekonomi dan ekologi,” kata Sudharto.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.