Dark/Light Mode

Prabowo Tepis Serangan Personal dari Anies: Jangan Sesatkan Rakyat Karena Ambisi

Senin, 8 Januari 2024 07:06 WIB
Dari kiri: Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dalam debat Capres, di Istora Senayan, Minggu malam (7/1). (Foto: Patra Rizki Syahputra/RM)
Dari kiri: Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dalam debat Capres, di Istora Senayan, Minggu malam (7/1). (Foto: Patra Rizki Syahputra/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, menepis 'serangan' Capres nomor urut 1, Anies Baswedan, yang dinilai menyesatkan rakyat mengenai alat utama sistem persenjataan (Alutsista) bekas.

"Jadi, (soal) barang-barang bekas itu, menurut saya, menyesatkan rakyat. Tidak pantas seorang profesor ngomong begitu," kata Prabowo, dalam debat ketiga capres 2024 yang diadakan KPU, di Istora Senayan, Jakarta, Minggu malam (7/1).

"Jangan karena ambisi pribadi, kita menyesatkan rakyat kita, menghasut rakyat kita, membahayakan pertahanan keamanan rakyat," sambung dia.

Baca juga : Prabowo Balas Serangan Ganjar: Bung Karno Hadapi Irian Barat dengan Peralatan Bekas

Awalnya, Anies berbicara tentang utang luar negeri yang memerlukan skema kreatif. Selain itu, menurut dia, harus ada perluasan wajib pajak. Utang-utang negara harus dipakai untuk aktivitas produktif.

Anies lantas menyinggung ada utang negara yang tidak produktif. Salah satunya adalah utang untuk membeli Alutsista bekas.

"Jangan utang itu digunakan untuk kegiatan nonproduktif, misalnya utang dipakai membeli Alutsista bekas oleh Kementerian Pertahanan, itu bukan sesuatu yang tepat," kata Anies.

Baca juga : Prabowo Tepis Serangan Anies: Semua Partai Pengusung Bapak Sepakati Program Kemhan di DPR

Prabowo lantas menanggapi tudingan Anies tersebut. Ia mengatakan, Anies tidak mengerti soal teknis pertahanan.

"Tadi, ya, sekali lagi, Pak Anies ngomong-ngomong barang bekas, Pak Anies ternyata tidak mengerti pertahanan. Saya bersedia mengundang Pak Anies di tempat yang Pak Anies suka. Saya akan bawa data, saya akan bawa data yang sebenar-benarnya," ujar Prabowo.

Ia menegaskan, yang disampaikan Anies soal Alutsista bekas menyesatkan, dan tidak pantas seorang profesor bicara demikian.

Baca juga : Prabowo: Utang RI Pruden, Pertahanan Harus Kuat Agar Tidak Diintervensi

Sebab, kata Prabowo, Alutsista bekas yang ada di Indonesia masih berusia muda. "Karena dalam pertahanan, hampir 50 persen alat-alat di mana pun adalah bekas, tapi usianya masih muda," tegas Prabowo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.