Dark/Light Mode

Dorong Performa 2024

DNR Corporation Tingkatkan Fundamental Bisnis Sepanjang 2023

Rabu, 31 Januari 2024 12:52 WIB
Foto: Ist
Foto: Ist

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Dosni Roha Indonesia Tbk (Perseroan) atau DNR Corporation, telah melaksanakan sejumlah inisiatif untuk meningkatkan fundamental bisnisnya di sepanjang tahun 2023 melalui restrukturisasi organisasi, efisiensi operasional dan digitalisasi, khususnya di lini bisnis distribusi.

Upaya ini dilakukan guna mendorong produktivitas, terutama penjualan di seluruh lini bisnisnya di tahun 2024.

Hal ini diungkapkan oleh Manajemen Perseroan dalam acara Paparan Publik PT Dosni Roha Indonesia Tbk Tahun 2023 yang digelar secara daring, di Jakarta, Rabu (31/1/2024).

Saat ini, DNR Corporation menjalankan tiga lini bisnis yang masing-masing dikelola oleh anak-anak usahanya.

Yakni, lini Distribusi oleh PT Dos Ni Roha (DNR Distribution), lini Logistik oleh PT Dosni Roha Logistik (DNR Logistics), dan lini e-Logistik oleh PT StoreSend eLogistik Indonesia (StoreSend Indonesia).

Ketiga lini bisnis ini terus bersinergi guna mendukung pencapaian visi Perseroan, yakni “Simplifying Supply Chain for All”.

Baca juga : Pemilu 2024 Rawan Curang, Rakyat Bunyikan Kentongan Perubahan

Pelaksanaan sejumlah perbaikan fundamental di internal perusahaan di tahun 2023 berdampak pada kinerja keuangan.

Pada Desember 2023 Perseroan membukukan (estimasi) Pendapatan sebesar Rp 1,5 triliun, EBITDA sebesar Rp 30,9 miliar, dan Laba Bersih sebesar minus Rp 91,7 miliar.

Kinerja ketiga elemen ini turun dibanding periode yang sama di tahun 2022.

“Penurunan kinerja keuangan DNR Corporation di tahun 2023 diimbangi dengan efisiensi operasional dan upaya penambahan prinsipal-prinsipal baru guna meningkatkan penjualan Perseroran di tahun 2024 mendatang”, ungkap Direktur PT Dosni Roha Indonesia Tbk, Gary Tanoesoedibjo.

Selain itu, di tahun 2023 DNR Corporation juga telah mengambil tindakan untuk mengantisipasi penurunan kinerja keuangan konsolidasi dengan mengoptimalkan kinerja pada lini bisnis Logistik yang mencakup bisnis Hauling, Third Party Logistics, Inland Trucking dan Project-based.

Terbukti, secara umum kinerja keuangan DNR Logistics YTD Desember 2023 mencatat pertumbuhan positif yang signifikan.

Baca juga : Artis Replay Indonesia 2023 Rangkum Kejadian Viral Sepanjang Tahun

Antara lain pendapatan/penjualan naik 63 persen, EBITDA naik 244 persen dan laba bersih naik 89 persen dibanding periode yang sama di tahun 2022.

Untuk membangkitkan kinerja bisnis di tahun 2024, Perseroan melalui anak-anak usahanya telah menetapkan strategi dan rencana aksi di setiap lini bisnis.

Pada bisnis distribusi, DNR Distribution akan mendorong peningkatan penjualan secara agresif dengan menambah prinsipal baru, pengembangan bisnis grosir, dan meningkatkan bisnis peralatan medis bermargin besar.

DNR Distribution juga akan melanjutkan efisiensi biaya operasional melalui restrukturisasi organisasi, pengembangan sistem dan digitalisasi.

Pada bisnis Logistik, DNR Logistics akan meningkatkan bisnis Hauling dengan menambah unit truk dan menargetkan kontrak kerja sama baru.

Untuk bisnis Inland Trucking, perusahaan akan menambah jumlah pelanggan dengan kontrak jangka panjang, peluncuran sistem transportasi digital baru dan menambah layanan di area Sumatera.

Baca juga : Hari Kalender Pertama 2024, Pj Bupati Apriyadi Tinjau Jalan Tol Bayung Lencir

DNR Logistics juga akan meningkatkan bisnis Third Party Logistics dengan meluncurkan sistem pergudangan baru, menambah kapasitas gudang, serta menambah cold storage.

Selain itu, DNR Logistics juga akan melakukan ekspansi bisnis berbasis project ke sektor swasta.

Sedangkan pada bisnis e-Logistik, StoreSend Indonesia berkomitmen untuk meningkatkan layanan e-Commerce fulfillment.

Juga, ekspansi ke kanal e-Commerce baru, menambah layanan pendukung e-Commerce, peluncuran sistem fulfillment baru, dan meningkatkan program awareness/branding.

“Dengan berbagai perbaikan internal dan peningkatan layanan baik yang telah dilakukan di sepanjang tahun 2023 dan strategi serta rencana aksi yang akan dilakukan di tahun 2024, Manajemen Perseroan optimis bahwa DNR Corporation akan kembali tumbuh dan mencapai performa positif di tahun 2024,” tutup Gary Tanoesoedibjo.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.