Dark/Light Mode

Menteri Erick Dorong BUMN Jadi Pioner dalam Program Mental Health di Lingkungan Kerja

Minggu, 4 Februari 2024 07:16 WIB
Rangkaian kegiatan 1000 Manusia Bercerita yang digelar BUMN dan diikuti 300 peserta dari kalangan influencer dan milenial BUMN, di Nusa Dua Bali, Jumat (2/2/2024). (Foto: Dok. BUMN)
Rangkaian kegiatan 1000 Manusia Bercerita yang digelar BUMN dan diikuti 300 peserta dari kalangan influencer dan milenial BUMN, di Nusa Dua Bali, Jumat (2/2/2024). (Foto: Dok. BUMN)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri BUMN Erick Thohir memiliki kepedulian tinggi terhadap kesehatan mental para generasi muda yang merupakan calon pemimpin masa depan terus menunjukkan dorongan komitmennya dengan menggelar rangkaian kegiatan 1000 Manusia Bercerita.

Kegiatan kali ini ada di kota ke-4 di Pulau Bali tepatnya di kawasan Hotel Merusaka Nusa Dua yang diikuti oleh 300 peserta dari kalangan influencer dan milenial BUMN, Jumat (2/2/2024).

Selain itu Menteri Erick juga telah meneken Surat Edaran (SE) Menteri tentang Employee Well Being bagi para karyawan di BUMN. Hal ini dikarenakan Erick menyadari betapa sangat pentingnya masalah kesehatan mental.

Baca juga : Mendikbudristek Dampingi Presiden Serahkan Bantuan Program Indonesia Pintar

Erick melalui staf khususnya, Arya Sinulingga, menyampaikan bahwa mengapa BUMN menyelengarakan kegiatan kesehatan mental salah satunya di Bali karena orang-orang di Bali budayanya tidak pernah berubah walau banyak jenis kebudayaan yang masuk.

"Orang Bali tetap dengan budayanya dan hal itu selaras dengan value akhlak bagi BUMN yang mempunyai tujuan agar ketika BUMN mencapai peringkat tertinggi namun valuenya tidak boleh berubah. Kita boleh mengalami kemajuan tapi kita harus tetap ingat nilai-nilai," ujar Arya dalam keterangannya, Minggu (4/2/2024).

Lebih lanjut Arya mengatakan, Arya bagaimana mengelola mental itu termasuk mengelola nilai-nilai.

Baca juga : Menteri Erick Dorong BUMN Perbanyak Vending Machine

"Pak Menteri Erick ingin value apa yang teman-teman BUMN di Jakarta dan Jawa dapatkan, teman-teman BUMN di Bali juga bisa dapatkan, termasuk teman-teman BUMN yang ada di Regional Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi karena semua mempunyai kesempatan yang sama menjadi calon pemimpin BUMN," ujarnya.

Penyelenggaraan kegiatan seribu manusia bercerita yang diinisiasi oleh Kementerian BUMN kali ini berkolaborasi dengan BUMN PLN, BNI, Pelni dan Taspen serta socio-preneur Menjadi Manusia.

Rangkaian acara terdiri dari sound healing oleh Adeline Windy, sambutan dari Staf Khusus Menteri BUMN, Sesi Talkshow bersama Aurelie Moeremans (Aktris), Adinda Cresheilla (Putri Indonesia Pariwisata), Nago Tejena (Psikolog Klinis), Mario J. de Bont (BNI 46 runners Bali) dan meditasi Breathing Exercise diisi oleh Adjie Santosoputro, sesi konsultasi, Intimate Talks dan 5 Sense Experience.

Baca juga : PROPER KLHK Dorong Kinerja Pengelolaan Lingkungan Dan Ketaatan Industri

Arya menekankan, kesehatan mental para karyawan BUMN penting untuk produktivitas dan kebahagiaan di lingkungan kerja. Perusahaan dapat mendukung kesehatan mental dengan menyediakan sumber daya, pelatihan dan lingkungan yang mendukung kesejahteraan mental.

"Komunikasi terbuka dan kebijakan yang mendukung keseimbangan kerja-hidup juga dapat membantu menciptakan lingkungan kerja yang positif," pungkasnya.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.