Dark/Light Mode

Bantu Pasarkan Produk UMKM

Menteri Erick Dorong BUMN Perbanyak Vending Machine

Selasa, 23 Januari 2024 07:20 WIB
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga (tengah) didampingi Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya Satyamurti Poerwadi (kanan) dan EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji (kiri) menunjukan produk UMKM saat meresmikan Vending Machine BUMN untuk UMKM di Stasiun Gondangdia, Jakarta, Senin (22/1/2024). (Foto: AMA/Rakyat Merdeka/RM.id)
Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga (tengah) didampingi Corporate Secretary PT Pertamina (Persero) Brahmantya Satyamurti Poerwadi (kanan) dan EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji (kiri) menunjukan produk UMKM saat meresmikan Vending Machine BUMN untuk UMKM di Stasiun Gondangdia, Jakarta, Senin (22/1/2024). (Foto: AMA/Rakyat Merdeka/RM.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mendorong seluruh perusahaan pelat merah, menyediakan vending machine untuk memasarkan produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di ruang publik. Langkah ini diyakini efektif membantu mendongkrak penjualan.

Staf Khusus III Menteri BUMN Arya Mahendra Sinulingga mengungkapkan, saat ini, baru PT Pertamina (Persero), PT Perusahaan Listrik Negara (Per­sero) atau PLN dan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI yang telah bersinergi dalam menyediakan vending machine. Alat penjualan ini disediakan di Stasiun Gondangdia dan Stasiun Gambir, Jakarta.

Ia menuturkan, penyediaan vending machine tersebut meru­pakan salah satu ide dari Menteri BUMN Erick Thohir, agar setiap BUMN yang memiliki public space bisa dimanfaatkan untuk memasarkan produk-produk UMKM binaannya.

Baca juga : Kuartal IV 2023, Prabowo Menteri Paling Berprestasi Versi Mediawave

Pasalnya, setiap kali man­tan bos Klub Inter Milan itu melakukan kunjungan kerja ke daerah-daerah, banyak pelaku UMKM yang curhat dan meminta dibantu memasarkan produk-produknya.

Selama ini Kementerian BUMN beserta perusahaan BUMN telah memberikan ban­tuan kepada UMKM, dari sisi hulu seperti adanya program TJSL (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan), pelatihan dan pembinaan, hingga membangun Rumah BUMN.

“Vending machine ini idenya Pak Erick untuk mengakomo­dir permintaan para pelaku UMKM,” ujar Arya, saat Peres­mian Vending Machine UMKM BUMN di Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (22/1/2024).

Baca juga : Iswaran, Menteri Pertama Singapura Didakwa Korupsi

Selain di Stasiun Gondangdia dan Gambir, ada vending ma­chine di Kementerian BUMN. Kehadirannya berkat dukungan PT Bank Rakyat Indonesia (Per­sero) Tbk atau BRI.

Menurut Arya, penyediaan vending machine nanti tidak hanya disediakan di stasiun saja. Tetapi juga di bandara, termi­nal, pelabuhan, SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) dan public space lainnya, yang kerap disinggahi banyak orang.

“BUMN punya tempat publik yang didatangi banyak orang. Seperti di Gambir ini setiap harinya rata-rata bisa melayani sampai 20 ribu penumpang. Makanya, kami akan tambah terus vending machine ini di tempat lainnya,” katanya.

Baca juga : Keren! Perhiasan Zero Waste Karya UMKM Binaan Pertamina Mendunia

Berdasarkan survei berjudul MSME (Micro, Small Medi­um Enterprise) Empowerment Report, yang dilakukan ke­pada 1.500 pelaku UMKM di Indonesia pada tahun 2022, UMKM Indonesia masih mengalami kendala pemasaran. Sebanyak 70 persen UMKM kesulitan dalam memasarkan produknya.

Karena itu, vending machine merupakan jawaban atas keluhan dari UMKM dalam pemasaran produk.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.