Dark/Light Mode

KAI Gandeng Progress Rail AS Untuk Pengadaan 54 Lokomotif Berteknologi Terbaru

Kamis, 15 Februari 2024 14:06 WIB
Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo. (Foto: Dwi Pambudo/RM)
Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo. (Foto: Dwi Pambudo/RM)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI menjalin kemitraan dengan Progress Rail, anak perusahaan Caterpillar asal Amerika Serikat, dalam pengadaan 54 lokomotif terbaru. 

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, menekankan bahwa penandatanganan kontrak ini mewujudkan komitmen pemerintah dalam menyediakan layanan transportasi kereta api yang ramah lingkungan. 

"Lokomotif ini dilengkapi dengan teknologi terbaru dan fitur-fitur yang ramah lingkungan," ujarnya.

Baca juga : RASSEA Dukung Pertanian Pangan Sensitif Gizi Bersinergi Dan Berkelanjutan

Menurut Didiek, lokomotif tersebut dirancang khusus untuk lingkungan Asia Tenggara dan telah terbukti efektif dengan menggunakan bahan bakar biodiesel (B35). 

Fitur-fitur canggih, seperti mesin 710 delapan silinder, motor traksi AC kuat, dan rancangan kabin yang mendukung visibilitas masinis, membuatnya cocok untuk keberlangsungan operasional.

KAI menekankan bahwa kontrak ini menjadi langkah strategis KAI dalam mengembangkan angkutan barang di Sumatera Selatan (Sumsel). 

Baca juga : Gempa M5,5 Goyang Pangandaran, Tak Berpotensi Tsunami

Tujuannya, untuk mendukung target 85 juta ton angkutan batu bara di Sumatera bagian selatan pada 2026. Sebelumnya, pada 2023, telah tercapai sebanyak 51 juta ton.

Penandatanganan kontrak ini disaksikan oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Risal Wasal, Commercial Attaché Kedutaan Besar AS Melissa A. Marszalek, serta pihak KAI dan Progress Rail di Gedung Jakarta Railways Center, Jakarta, Kamis (15/2).

Lokomotif tersebut dijadwalkan tiba secara bertahap mulai April 2025 hingga April 2026. Tak hanya untuk mendukung angkutan batu bara, pembelian ini juga merupakan langkah KAI untuk memenuhi permintaan energi di pasar internasional yang terus berkembang.

Baca juga : HUT Ke-17, Hanura Pusatkan Perayaan Di Berbagai Daerah

"KAI terus membangun kolaborasi dengan perusahaan di dalam ataupun luar negeri sebagai komitmen perusahaan untuk mengurangi emisi karbon, mitigasi polusi serta tujuan untuk merawat warisan alam Indonesia bagi generasi mendatang," kata Didiek.

Sementara itu, Executive Vice President of Locomotive Progress Rail, Jack Zhang, menyambut baik kerja sama ini. Menurutnya, lokomotif seri GT terbukti kehandalan, dan efisiensinya.

"Kami berharap dapat melanjutkan dukungan kami terhadap KAI dengan solusi yang kami tawarkan untuk membantu mereka mencapai tujuan operasional dan pengurangan emisi," ujar Jack Zhang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.