Dark/Light Mode

Toyota Pamerkan Jajaran Mobil Listriknya Di IIMS 2024

Kamis, 15 Februari 2024 20:46 WIB
Booth Toyota. (Foto: Ist)
Booth Toyota. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Toyota menghadirkan berbagai teknologi elektrifikasi yang lengkap untuk dipajang di pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Kendaraan yang dipajang mulai dari Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV), bahkan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) lewat kehadiran Toyota Mirai. Berdampingan dengan Yaris Cross HEV dan Kijang Innova Zenix HEV sebagai kendaraan elektrifikasi karya anak bangsa pertama, Toyota juga memperkenalkan All New Vellfire HEV.

“Kendaraan elektrifikasi Toyota yang paling laris adalah Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, dan Corolla Cross HEV. Kijang Innova Zenix HEV dan Yaris Cross HEV merupakan xEV yang diproduksi lokal dan menjadi xEV Toyota pertama yang diekspor dari Indonesia,” ujar Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

Sebagai bukti keseriusan menuju netralitas karbon, PT Toyota-Astra Motor (TAM) menghadirkan jajaran kendaraan elektrifikasi di IIMS 2024, yaitu Kijang Innova Zenix HEV, Yaris Cross HEV, Toyota bZ4X, RAV4 GR Sport PHEV dan Corolla Cross HEV Bioetanol serta All New Vellfire HEV.

“Hadirkan ever-better cars, Toyota Mirai dipamerkan karena mewakili teknologi hidrogen (FCEV) yang nol emisi sekaligus melambangkan bentuk kerja sama Toyota dengan stakeholder untuk pengembangan teknologi ini di Indonesia,” ujarnya. 

Baca juga : Pertamina Tampilkan Inovasi Energi Hijau dalam IIMS 2024

xEV Toyota berteknologi hybrid electric masih menjadi pilihan utama masyarakat. Ditandai debut Kijang Innova Zenix HEV yang langsung mencatatkan diri sebagai kendaraan elektrifikasi terlaris di Indonesia dengan whole sales 27.705 unit di tahun 2023. Catatan penjualan Kijang Innova Zenix HEV adalah sekitar 38,7 persen dari total wholes sales kendaraan elektrifikasi nasional.

Bukan tanpa sebab jika ternyata HEV Toyota menguasai lansekap penjualan kendaraan elektrifikasi khususnya HEV di level nasional. Kombinasi motor listrik dan mesin bensin mampu mendongkrak performa mobil hybrid di seluruh rentang putaran mesin. Berikutnya adalah jarak berkendara yang lebih panjang berkat efisiensi bahan bakar yang lebih baik. Beberapa pengetesan bahkan membuktikan bahwa Yaris Cross Hybrid EV bisa menempuh jarak 31 kilometer hanya dengan 1 liter bahan bakar. Semua benefit ini bisa didapatkan pelanggan tanpa harus mengubah kebiasaan mobilitasnya.

Keunggulan penting lainnya, biaya maintenance HEV Toyota yang relatif sama dengan mobil konvensional karena minim perawatan khusus mobil hybrid. Untuk menambah peace of mind, juga terdapat garansi baterai 8 tahun atau 160.000 km, serta harga baterai yang terhitung kompetitif dan affordable. Kemudian jika pelanggan ingin mengganti kendaraan Hybrid miliknya, resale value di used car market terhitung tinggi. Bahkan di beberapa model Hybrid lebih tinggi daripada non-Hybrid. Terakhir, adalah kontribusi terhadap lingkungan di mana setiap teknologi elektrifikasi memiliki peran masing-masing dalam mencapai netralitas karbon.

Booth Toyota turut menampilkan BEV global pertama Toyota bZ4X yang memperoleh sambutan luar biasa tahun lalu bersama Premium Sporty SUV All New RAV4 GR Sport PHEV. Ditambah showcase Toyota Mirai sebagai representasi Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) berbahan bakar hidrogen, menunjukkan luasnya cakupan xEV Toyota global yang zero emission. Sekaligus melambangkan kerjasama Toyota Indonesia dengan stakeholder di Indonesia untuk mengembangkan ekosistem kendaraan berbasis hidrogen.

Sejalan visi No One Left Behind, Toyota merintis penggunaan Flex-Fuel Mobility dengan pemanfaatan teknologi bahan bakar ramah lingkungan yang lebih fleksibel dalam penggunaan energi alternatif baru dan mempercepat pengurangan emisi karbon sehingga masyarakat dapat memilih kendaraan ramah lingkungan yang paling sesuai kemampuannya. Di gelaran IIMS 2024, Toyota memajang Corolla Cross HEV Bioetanol yang sudah kompatibel sepenuhnya dengan bahan bakar Bioetanol (E100) untuk melengkapi line-up carbon neutral mobility Toyota.

Baca juga : RPI Serukan Jaga Suara AMIN Di TPS

Melalui brand GAZOO Racing (GR), Toyota berusaha menghadirkan motorsport excitement dan joy of GR bagi seluruh GR enthusiast di Indonesia. Khusus di area GAZOO Racing, pengunjung dapat merasakan DNA motorsport Toyota yang kental dalam line-up produk yang ditampilkan. Mulai dari GR Corolla yang mewakili Pure GR yang dapat memacu adrenalin sports car enthusiast, dan Agya GR Sport yang digunakan pembalap TOYOTA GAZOO Racing Indonesia (TGRI) di ajang kejuaraan nasional balap touring car dan slalom car dengan livery all-matte black barunya untuk season 2024.

Sebagai mobility solution pelanggan fleet, New Hilux Double Cabin 2.4 4x4 yang baru saja mendapatkan penyegaran eksterior dan interior, ikut dipamerkan untuk mewakili line-up commercial vehicle Toyota. PT TAM turut memajang Toyota Hilux Rangga yang merupakan cikal bakal model terbaru di line-up commercial vehicle Toyota.

“Sejak tahun 2022, PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah meluncurkan inisiatif IT’S TIME FOR EVERYONE yang mengajak partisipasi masyarakat melalui pendekatan holistik menuju netralitas karbon lewat 3 cara, yaitu aktivitas pengurangan karbon kolektif, teknologi kendaraan rendah emisi, dan kendaraan elektrifikasi. Pendekatan pertama melibatkan kontribusi masyarakat melalui Toyota Waste Station, menanam pohon mangrove, sekaligus mengajak komunitas pemilik Toyota untuk memaksimalkan potensi dari luasnya cakupan keanggotaan untuk bersama-sama melakukan langkah kecil demi masa depan yang lebih baik,” kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

Toyota menerapkan pendekatan Multi Pathway Strategy dalam menghadirkan carbon-neutral mobility solution untuk menekan emisi karbon sebagai ‘musuh’ bersama. Partisipasi Toyota di pameran IIMS 2024, sejalan pula dengan target Toyota Environmental Challenge 2050 dan Net Zero Emission 2060 Pemerintah Indonesia untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi semua orang.

“Selain tentunya mengamplifikasi inisiatif IT'S TIME FOR EVERYONE agar masyarakat berpartisipasi melestarikan lingkungan sesuai kemampuannya, yaitu memakai kendaraan elektrifikasi dan Flex Fuel Mobility Toyota yang semakin lengkap,” ujarnya.

Baca juga : Top, Anders Antonsen Juara Indonesia Masters 2024

Dalam mewujudkan Total Mobility Solution, PT TAM menawarkan mobility ecosystem yang komplit untuk menunjang mobilitas masyarakat, baik terkait kebutuhan sales maupun after sales hingga pembelian mobil baru Toyota berikutnya. Khusus sales, tersedia berbagai program promo yang menguntungkan pengunjung IIMS 2024, berupa One Stop Solution yaitu Toyota Spektakuler, Toyota Official Store Solution (TOSS), program Trade-in, EZ Deal dan KINTO.

Program after sales T-CARE diberikan untuk pembelian mobil baru Toyota dengan benefit berupa bebas biaya jasa dan biaya suku cadang saat servis berkala selama 3 tahun atau 7 kali servis berkala, ditambah extended warranty selama 1 tahun atau 20.000 km. Pelanggan dapat langsung memanfaatkan fitur T-Intouch untuk kemudahan mengakses berbagai layanan after sales Toyota via aplikasi m-TOYOTA, termasuk kesempatan untuk membeli merchandise dan aksesoris mobil original Toyota, dan parts TMO dengan harga spesial.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.