Dark/Light Mode

Kementan dan PPIU Jatim Bina Petani Milenial Tulungagung

Jumat, 16 Februari 2024 12:34 WIB
Kementan mendorong program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) agar terus dijalankan untuk menghasilkan petani milenial yang profesional, dan mandiri. (Foto: Dok. Kementan)
Kementan mendorong program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) agar terus dijalankan untuk menghasilkan petani milenial yang profesional, dan mandiri. (Foto: Dok. Kementan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Pertanian (Kementan) mendorong program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) agar terus dijalankan untuk menghasilkan petani milenial yang profesional, mandiri, berdaya saing, dan berjiwa entrepreneurship yang tinggi Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman terus berupaya membangun ekosistem di sektor pertanian agar generasi milenial memiliki ruang untuk berkembang di sektor pertanian.

"Saya ingin anak-anak muda kita juga mau melirik pertanian sebagai sektor yang diunggulkan," kata Amran dalam keterangan resminya, Jumat (16/2/2024).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menambahkan, program YESS berupaya mewujudkan regenerasi pertanian dengan meningkatkan kompetensi SDM pedesaan menjadi petani milenial dan wirausahawan muda.

"Program YESS mendukung pengembangan SDM pertanian, dengan memberdayakan para pemuda tani memanfaatkan sumberdaya alam pertanian di pedesaan secara optimal, profesional, menguntungkan dan berkelanjutan. Tentunya, mereka akan siap menghadapi era milenial," kata Dedi.

Salah satu kegiatan regenerasi petani dilakukan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang selaku pelaksana program YESS di wilayah Jawa Timur (Jatim) bersama dengan National Project Management Unit (NPMU) menggelar kunjungan kerja melalui Focus Group Discussion di Kabupaten Tulungagung.

Baca juga : Prabowo-Gibran Unggul Di Jatim Karena 3 Alasan Ini, Salah Satunya Dukungan Ulama

Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kemi Durrohman mengakui di Tulungagung ada kendala dalam pertanian karena biasanya banyak petani yang berusia tua.

"Program YESS memfasilitasi petani muda mengembangkan usahanya seperti terbentuknya Koperasi Agritama YESS Tulungagung," katanya.

Wakil Direktur III Polbangtan Malang Novita Dewi K mendukung upaya Pemkab Tulungagung untuk mewujudkan petani milenial dan wirausahawan muda pertanian yang berkompeten.

"Hal itu didukung potensi perekonomian Tulungagung yang tergolong baik," ujarnya.

Direktur Program YESS Idha Widi Arsanti mengapresiasi Provincial Project Implementation Unit (PPIU) PPIU Jatim khususnya capaian tim di Tulungagung.

Baca juga : Polbangtan Kementan Tingkatkan Kemampuan Peternak Milenial Jawa Timur

Dengan Program YESS, harus didorong kegiatan produktif bagi generasi milenial pedesaan.

"Kesempatannya sampai 2025. Silakan dimaksimalkan agar memberikan dampak positif. FGD fokus pada upaya meningkatkan partisipasi pemuda dalam Program YESS serta kiat mengoptimalkan dampak positifnya bagi pemuda pedesaan yang terlibat," tegas Idha.

Dia menambahkan, FGD di Tulungagung merupakan langkah proaktif dari Program YESS bagi pembinaan tim manajemen di lapangan.

Tujuannya untuk meningkatkan capaian program yang fokus pada penumbuhan kewirausahaan dan ketenagakerjaan pemuda pedesaan di sektor pertanian.

"Fokus utama kunjungan tim pusat YESS adalah akselerasi pelaksanaan agar memberikan dampak lebih besar bagi pemuda pedesaan terutama di Tulungagung," ucapnya.

Baca juga : Prabowo: Mentan Amran Panglima Pangan

Sementara itu, Project Manager PPIU Jatim Acep Hariri mengatakan, Tulungagung tergolong kabupaten yang baik dari segi pencapaian target. Apalagi, terdapat wilayah Desa Migran Produktif yang didukung bagi penerima manfaat program YESS.

"Saat ini, kita juga memaksimalkan petani keluarga migran untuk fokus menjalani usaha pertanian di rumah masing-masing sehingga mereka dapat melanjutkan hidupnya melalui sektor pertanian," kata Acep.

Dengan acara tersebut diharapkan terjadi peningkatan sinergi dan koordinasi antara semua pihak terkait dalam mendukung implementasi Program YESS.

Menurutnya, hal ini merupakan langkah positif dalam memperkuat peran pemuda pedesaan dalam pengembangan sektor pertanian.

"Selaim itu membuka peluang baru bagi mereka untuk berkembang secara ekonomi dan meningkatkan kualitas hidup di pedesaan,"ujar Acep.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.