Dark/Light Mode

Prabowo-Gibran Unggul Di Jatim Karena 3 Alasan Ini, Salah Satunya Dukungan Ulama

Jumat, 2 Februari 2024 16:34 WIB
Paslon 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)
Paslon 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hasil survei terbaru Indikator Politik Indonesia mengungkap satu temuan, paslon 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendominasi wilayah Jawa Timur.

Indikator menyebut, setidaknya ada tiga faktor yang membuat elektabilitas Prabowo-Gibran mendominasi Jawa Timur.

Dua faktor pertama, diungkap Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Saifullah Yusuf atau Gus Ipul.

Baca juga : Kampanye Di Manado, Kaesang Ganti Baru HP Pendukung Yang Rusak

"Pertama, pengaruh dari ulama dan para kyai sangat signifikan. Kedua, dukungan tersirat dari Presiden Jokowi juga berperan penting," kata Gus Ipul dalam rilis survei tersebut.

Menurutnya, dukungan dari ulama dan kyai, termasuk mereka yang jarang muncul di publik, sangat berpengaruh. Mayoritas ulama di Jawa Timur disebut cenderung memilih Prabowo.

"Banyak kyai dari desa, yang secara proaktif menyatakan dukungan. Meski tak pernah secara langsung berinteraksi dengan paslon atau tim sukses," papar Gus Ipul.

Baca juga : Survei IDM: Prabowo-Gibran 57,1 Persen, Masyarakat Ingin Pilpres Satu Putaran

"Dukungan dari Presiden Jokowi, memiliki pengaruh signifikan di Jawa Timur, karena tingkat kepuasan terhadap kinerja Jokowi di wilayah ini masih tinggi," imbuhnya.

Faktor ketiga keunggulan Prabowo-Gibran di Jawa Timur, disampaikan Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi. Menurutnya, dukungan Gubernur Jatim dan Ketua PP Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa juga mendongkrak suara Prabowo-Gibran di Jawa Timur.

"Survei ini dilakukan setelah Bu Khofifah mendukung Prabowo-Gibran. Hasilnya, elektabilitas pasangan nomor urut 2 meningkat pesat," papar Burhan.

Baca juga : Survei LSI Denny JA Prabowo Gibran Tembus 50,7 Persen, Nusron Wahid : Bismillah Satu Putaran

Dalam survei Indikator yang dijalankan pada 14-19 Januari 2024, Prabowo-Gibran unggul di Jatim dengan angka 56,2 persen.

Dari perbandingan survei Indikator pada akhir Desember 2023, swing voters tercatat 11,6 persen. Kini, pada akhir Januari 2024, angkanya turun menjadi 8,2 persen.

Survei tersebut melibatkan 810 responden dengan metode simple random sampling dan margin of error sekitar 3,5 persen.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.