Dark/Light Mode

Dirut Pupuk Kaltim Raih Penghargaan Best CEO Visionary Leadership

Kamis, 14 Maret 2024 13:59 WIB
Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo, menerima penghargaan secara langsung, di Jakarta, Rabu (13/3/2024). (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)
Direktur Utama Pupuk Kaltim Budi Wahju Soesilo, menerima penghargaan secara langsung, di Jakarta, Rabu (13/3/2024). (Foto: Dok. Pupuk Kaltim)

 Sebelumnya 
Ke depannya, pihaknya berharap dapat menjadi inspirasi bagi perusahaan lain di Indonesia untuk berkontribusi dalam memajukan perekonomian Indonesia.

Khususnya dalam industri pupuk dan petrokimia, sambil tetap berusaha menjadi yang terbaik.

Adapun, dewan juri untuk ajang Anugerah BUMN 2024 ini diketuai Tanri Abeng yang merupakan Menteri BUMN Pertama (1998-1999), serta Dewan Pakar BUMN Track.

Baca juga : Pj Gubernur Sumsel Raih Penghargaan Peduli HAM dari Menkumham

Lebih lanjut Budi Wahju menjelaskan, dalam satu dekade pertama sejak digagas pada tahun 2022, pihaknya berkomitmen untuk mengurangi hingga sepertiga emisi karbon pada tahun 2030 dan berkontribusi terhadap target pemerintah mencapai Net Zero Emission (NZE) di 2060.

Selain itu, pihaknya juga terus menerapkan operational excellence di seluruh lini bisnis dan operasionalnya sambil menjaga produktivitas pertanian nasional, sekaligus memastikan keamanan distribusi pupuk demi mendukung ketahanan pangan nasional.

Tidak hanya itu, dalam perumusan rencana bisnis untuk periode 2021-2030, pihaknya juga berfokus pada inovasi teknologi yang efektif dan ramah lingkungan, serta didukung oleh prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

Baca juga : JEC Group Raih Penghargaan Marketeers OMNI Awards 2024

Terlebih pada aspek inklusivitas dan sinergitas, perusahaan juga berkomitmen untuk terus penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG), yang menekankan pentingnya praktik bisnis transparan, etis, dan bertanggung jawab.

Selain berbagai upaya reinvention business, pihaknya terus kolaborasi dengan berbagai stakeholders, sehingga dapat lebih memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan sekitar yang lebih besar.

"Hal ini, salah satunya diterapkan melalui program MAKMUR yang telah dilaksanakan sejak 2020 dan dilakukan bersama dengan Pupuk Indonesia melalui sinergi Kementerian BUMN," kata Budi Wahju.

Baca juga : PLN Icon Plus Raih 2 Penghargaan di PR Indonesia Awards 2024

Ia menambahkan, melalui program ini, pihaknya berkontribusi dalam menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan para petani, hingga pendampingan secara berkelanjutan.

“Dengan inovasi yang konsisten dan penerapan langkah-langkah strategis yang maksimal, bukan hanya di Pupuk Kaltim tetapi juga di seluruh lingkup BUMN. Kita bersinergi dan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," pungkasnya. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.