Dark/Light Mode

Sampai H+3 Lebaran, Pelabuhan Ulee Lheue Angkut 13.450 Penumpang ke Sabang

Sabtu, 13 April 2024 19:09 WIB
Wisatawan yang akan ke Sabang mengantre di loket pembelian tiket kapal Roro di Pelabuhan Ulee Lheu, Kota Banda Aceh, Sabtu (13/4/2024). (Foto: Antara)
Wisatawan yang akan ke Sabang mengantre di loket pembelian tiket kapal Roro di Pelabuhan Ulee Lheu, Kota Banda Aceh, Sabtu (13/4/2024). (Foto: Antara)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pelabuhan penyeberangan Ulee Lheue Kota Banda Aceh mencatat sebanyak 13.450 wisatawan berkunjung ke Sabang sejak H-7 hingga hari ketiga Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah.

"Penumpang angkutan Lebaran yang menuju Sabang mencapai 13.450 orang dari Ulee Lheue, sedangkan dari Sabang menuju Ulee Lheue ada 11.969 orang," kata Penanggung Jawab Operasional Ulee Lheu, Ilham Akbar seperti dilansir Antard di Banda Aceh, Sabtu (13/4/2024).

Ilham menambahkan, secara keseluruhan, penumpang angkutan Lebaran mencapai 25.419 orang. Dari jumlah tersebut, juga membawa kendaraan roda dua 5.232 unit dan roda empat 1.409 unit.

Baca juga : Hingga H+3 Lebaran, KAI Commuter Sudah Angkut 10 Juta Penumpang

Menurutnya, wisatawan menuju Balohan, Sabang tersebut didominasi wisatawan asal Sumatera Utara, Riau, dan juga wisatawan lokal.

"Kalau dari lokal sebagian besar merupakan pengunjung asal Aceh Tengah," ujarnya.

Lebih lanjut Ilham mengatakan, peningkatan jumlah wisatawan ke Sabang terjadi sejak H+1 Lebaran sebanyak 4.389 orang. Angkanya semakin meningkat pada H+2 yakni mencapai 5.985 penumpang.

Baca juga : Selama Libur Lebaran, BMKG Catat 10 Kali Gempa, Salah Satunya Merusak

"Kondisi padat pada Lebaran tahun ini dimulai dari Kamis (11/4/2024) sampai dengan hari ini H+4 Lebaran," kata Ilham.

Karena adanya peningkatan penumpang, kata Ilham, pihaknya memberlakukan buffer zone  untuk antrean penumpang yang membawa kendaraan roda empat guna mengantisipasi kemacetan.

"Buffer zone untuk penerimaan kendaraan yang datang. Setelah dari buffer zone maka dipindahkan ke area parkir keberangkatan di dalam dan dimasukkan ke area steril di dermaga," ujar Ilham.

Baca juga : Selama Mudik Hingga H2 Lebaran, Posko Kesehatan Jabar Tangani 6 Jenis Penyakit

Pelabuhan Ulee Lheue juga menambahkan trip kapal sejak H+2 Lebaran karena semakin meningkatnya jumlah penumpang.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.