Dark/Light Mode

BI: Penjualan Eceran April 2024 Diprediksi Kembali Tumbuh

Selasa, 14 Mei 2024 10:54 WIB
Pedagang di pasar tradisional. (Foto: Rakyat Merdeka)
Pedagang di pasar tradisional. (Foto: Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kinerja penjualan eceran pada April 2024 diprakirakan melanjutkan pertumbuhan, baik secara tahunan maupun bulanan. 

“Hal tersebut tecermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) April 2024 sebesar 243,2, atau tumbuh 0,1 persen dibanding tahun sebelumnya (yoy),” ujar Asisten Gubernur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Erwin Haryono, Selasa (14/5/2024).

Baca juga : The Djoker Tumbang

Menurut dia, tetap positifnya penjualan eceran tersebut didorong oleh pertumbuhan Kelompok Suku Cadang dan Aksesori, Bahan Bakar Kendaraan Bermotor, serta Makanan, Minuman, dan Tembakau.

Secara bulanan, penjualan eceran diprakirakan tumbuh positif sebesar 3,3 persen (mtm) ditopang oleh Kelompok Peralatan Informasi dan Komunikasi serta Makanan, Mi numan, dan Tembakau yang tercatat tetap tumbuh didorong oleh kegiatan masyarakat saat Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Idul Fitri.

Baca juga : Long Weekend, Penumpang Pesawat Di Bandara AP II Diprediksi Tembus 1 Juta Orang

Pada Maret 2024 IPR tercatat mencapai 235,4 atau tumbuh sebesar 9,3 persen (yoy). Peningkatan kinerja penjualan eceran tersebut didorong oleh beberapa kelompok, dengan peningkatan tertinggi pada Subkelompok Sandang diikuti Kelompok Suku Cadang dan Aksesori, serta Makanan, Minuman, dan Tembakau. 

Secara bulanan, penjualan eceran tumbuh 9,9 persen (mtm) didorong terutama oleh Subkelompok Sandang diikuti Peralatan Informasi dan Komunikasi, Suku Cadang dan Aksesori, serta Makanan, Minuman, dan Tembakau sejalan dengan peningkatan kegiatan masyarakat saat bulan Ramadan, persiapan HBKN Idul Fitri, dan program potongan harga. 

Baca juga : KPU Gelar Penetapan Pemenang Pilpres 2024 Pagi Ini, Berikut Agendanya

Dari sisi harga, kata dia, tekanan inflasi pada Juni dan September 2024 diprakirakan menurun, tecermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) Juni dan September 2024 yang masing-masing tercatat sebesar 140,1 dan 134,5, lebih rendah dari IEH bulan sebelumnya yang masing-masing sebesar 146,1 dan 136,9. 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.